Kapolres Ngawi Hadiri Rakor PHTT Dalam Upaya Pengendalian Hama Tikus Di Kabupaten Ngawi - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Kapolres Ngawi Hadiri Rakor PHTT Dalam Upaya Pengendalian Hama Tikus Di Kabupaten Ngawi

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Dalam upaya membantu petani mengendalikan hama tikus, Kapolres Ngawi, AKBP I Wayan Winaya mengikuti rapat kordinasi rencana pengendalian hama tikus terpadu (PHTT) se-Kabupaten Ngawi di Command Center Pemkab Ngawi, Kamis (07/01/2021).


Ditemui usai Rakor yang dihadiri oleh Forkopimda, Dinas terkait serta Camat se-Kabupaten Ngawi ini, AKBP I Wayan Winaya kepada Pojok Kiri menjelaskan, untuk mengendalikan hama tikus yang sangat meresahkan, tidak sedikit kalangan petani di Kabupaten Ngawi yang akhirnya mengambil jalan pintas dengan membuat jerat tikus teraliri listrik di persawahan.


Namun, menurut AKBP I Wayan Winaya, dengan penggunaan jerat tikus teraliri listrik ini justru tidak sedikit kalangan petani meninggal dunia karena menjadi korban akibat tersengat listrik dari jerat tikus bertegangan tinggi ini.


Lebih lanjut AKBP I Wayan Winaya mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan Polres Ngawi dalam membantu petani mengendalikan hama tikus dengan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) sebanyak 2 kali dengan menghadirkan narasumber dari Dinas pertanian, Direktur PLN dan Kasat Reskim Polres Ngawi. Giat tersebut di hadiri oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Kabupaten Ngawi.


Selain itu, AKBP I Wayan Winaya menambahkan, Di sawah-sawah milik petani, Polres Ngawi juga telah memasang ratusan spanduk tentang pelarangan penggunaan jerat tikus dialiri listrik ini serta melakukan gropyokan bersama dinas pertanian, TNI dan petani.


Dari hasil rakor tersebut, AKBP I Wayan Winaya menuturkan, bahwa telah disepakati bersama pada hari Rabu (13/01/2021) pukul 08.00 WIB akan dilaksanakan kegiatan pengendalian hama tikus secara terpadu yang dilakukan secara serentak di 19 Kecamatan di Kabupaten Ngawi.


"Dalam giat pengendalian hama tikus tersebut nantinya menggunakan beberapa cara seperti, Gropyokan, memasang bubu atau perangkap tikus yang terbuat dari Ram kawat, menggunakan asap belerang, mercon asap serta pemasangan umpan racun tikus," tandas AKBP I Wayan Winaya.


Penulis  : Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages