Polsek Pangkur Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Latihan Baris-berbaris di SMPN 1 Pangkur - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Polsek Pangkur Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Latihan Baris-berbaris di SMPN 1 Pangkur

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Dalam upaya membantu pemerintah untuk mewujudkan generasi muda yang cinta tanah air dan berwawasan Pancasila, Kepolisian Sektor Pangkur Resor Ngawi bersinergi dengan Kepala Sekolah dan guru di wilayah hukumnya untuk melaksanakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan.


Seperti yang anggota Polsek Pangkur Aipda Edi Suwanto dan Bripka Muarifin pada Senin, 14 November 2022 pukul 07.30 WIB dengan memberikan sosialisasi materi Wawasan Kebangsaan dan latihan baris-berbaris kepada siswa-siswa SMPN 1 Pangkur di Desa Waruktengah, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi.


Dikonfirmasi Pojok Kiri diruang kerjanya, Kepolsek Pangkur AKP Subandi, S.H., M.H. mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya menyampaikan sosialisasi tentang pemantapan Wawasan Kebangsaan, ancaman dan tantangan Bangsa Indonesia di era Globalisasi ini.



"Kita sampaikan materi terkait bahaya dan antisipasi radikalisme, terorisme, aksi masa anarkis, separatisme, intoleransi, penyabaran berita hoax atau hate spech.serta peran pelajar dalam bela negara," terang Subandi, Senin (14/11/22).


Menurut Subandi, dalam sosialisasi wawasan kebangsaan tersebut Aipda Edi Suwanto dan Bripka Muarifin menekankan bahwa para pelajar harus bisa memahami sejarah dan politik global, pandai menganalisis sesuatu, tidak gegabah menyatakan pro atau kontra terhadap hal-hal baru dan tidak mudah terprovokasi oleh berita hoaxs.


"Kegiatan pemantapan wawasan kebangsaan ini bertujuan agar setiap Warga Negara Indonesia khususnya Pelajar memiliki pemahaman dan kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah NKRI dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika (Empat Dasar Konsensus Bangsa Indonesia - Red)," ungkap Subandi.



Lebih lanjut, Subandi menambahkan, usai penyampaian sosialisasi tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan baris-berbaris untuk memupuk kedisiplinan bagi para pelajar di SMPN 1 Pangkur.


Tidak hanya itu, Subandi juga menyebut, untuk mengantisipasi agar tidak terlibat kenakalan remaja, pihaknya meminta siswa-siswi SMPN 1 Pangkur untuk gunakan waktu mereka yang tersisa di luar sekolah untuk belajar sehingga diharapkan siswa-siswi tidak keluyuran pada malam hari.


"Selain itu dalam kegiatan ini, kita berharap terjalin keharmonisan dan sinergitas Polri dengan dunia pendidikan serta tercipta situasi lingkungan sekolah yang aman dan nyaman sehingga menjadi pendidikan yang bermoral dan berkebangsaan," tutup Subandi.


Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages