Bersepeda Itu Hobi, Jadi Peserta JKN Adalah Kewajiban - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Bersepeda Itu Hobi, Jadi Peserta JKN Adalah Kewajiban

Share This

Dwi Nurcahyani (26) – Peserta JKN Segmen PPU

Madiun, Pojok Kiri – Memiliki jaminan kesehatan saat ini sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Hal tersebut disampaikan oleh Dwi Nurcahyani, wanita yang tergabung dalam komunitas Madiun Sepeda Adventure itu mengaku bahwa dengan memiliki jaminan kesehatan tak ada lagi rasa cemas jika suatu saat membutuhkan pelayanan kesehatan.



“Kita tidak pernah tahu kapan akan sakit, itulah alasan kenapa kita harus memiliki jaminan kesehatan. Sayapun selalu berusaha untuk menerapkan pola dan perilaku hidup sehat sebagai usaha untuk menjaga kesehatan,” kata wanita yang akrab disapa Dwi.



Dwi merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Selain merasakan begitu banyak manfaat dari Program JKN, Dwi juga merasa bahwa dalam penyelenggaraan program jaminan kesehatan yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) telah banyak kemudahan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.



“Saat ini saja dengan menunjukan KTP, kita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Dan sebagai peserta JKN, asalkan kita mengikuti alur dan prosedur yang berlaku, maka tidak akan ada kendala yang dihadapi,” tambahnya.



Tak hanya itu, Dwi juga sangat mengapresiasi adanya aplikasi Mobile JKN yang banyak menyediakan fitur layanan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Mulai dari info lokasi fasilitas kesehatan, info kepesertaan, pendaftaran peserta baru, dan bahkan konsultasi dokter juga bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Dwi juga berharap agar masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan untuk melindungi diri beserta keluarga dalam hal kesehatan. Dengan membayar iuran setiap bulannya, sewaktu-waktu membutuhkan pelayanan kesehatan bisa memanfaatkan Program JKN. 



“Saya kira tidak ada alasan lagi ya untuk tidak menjadi peserta JKN. Sudah banyak kemudahan yang dihadirkan, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Dan yang terpenting adalah kesadaran kita untuk membayar iuran setiap bulan agar kepesertaan kita selalu aktif,” kata Dwi.



Di akhir perbincangan Dwi mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah berperan dalam penyelenggaraan Program JKN demi mewujudkan masyarakat yang lebih sehat, baik pihak BPJS Kesehatan maupun fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya peserta JKN.(rn/tk/yah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages