Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2022, PT KAI Daop 7 Siap Memberikan Pelayanan Prima - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2022, PT KAI Daop 7 Siap Memberikan Pelayanan Prima

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun melaksanakan apel gelar pasukan posko angkutan Lebaran 2022 di halaman gedung Operation Control Centre (OCC) Daop 7 Madiun, Jumat (22/4/2022). 


Apel gelar pasukan sebagai tanda dimulainya masa posko angkutan Lebaran 2022 dalam rangka melayani masyarakat yang mudik dan balik menggunakan moda angkutan kereta api. 


PT KAI telah menetapkan masa angkutan Lebaran 2022 selama 22 hari yakni dari 22 April 2022 (H-10) hingga 13 Mei 2022 (H+10).


Apel dihadiri dari berbagai elemen yang akan terlibat dalam angkutan Lebaran 2022, diantaranya pegawai PT KAI Daop 7 Madiun, BKO TNI / Polri, dan Komunitas Railfans Wilayah Daop 7 Madiun.


Bertindak sebagai inspektur upacara pada apel gelar pasukan angkutan Lebaran 2022, Vice President Daop 7 Madiun Hendra Wahyono.


Hendra Wahyono mengatakan pada periode tersebut KAI menyiapkan segala sumber daya demi melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan. 


Guna memastikan keselamatan perjalanan KA, Daop 7 Madiun meningkatkan pengawasan di daerah-daerah rawan dan menyiagakan 5 tenaga daerah rawan ekstra dan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel dan alat siaga lainnya yang telah ditempatkan di 13 titik wilayah Daop 7 Madiun masing-masing di Stasiun Walikukun, Ngawi, Magetan, Madiun, Caruban, Bagor, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Sumobito, Kediri, Tulungagung, dan Blitar.


Daop 7 Madiun juga menambah petugas penjaga perlintasan KA sebidang menjadi 7 orang serta petugas pemeriksa jalur sebanyak 33 orang. Selain itu, tenaga flying gank disiagakan 24 jam apabila terjadi rinja (rintang jalan) atau KKA (kecelakaan kereta api).


Daop 7 Madiun menyiapkan tenaga keamanan Angkutan Lebaran sebanyak 81 tenaga Polsuska yang akan bertugas di atas KA dan di stasiun serta 100 personel satpam yang akan menjaga di tiap stasiun dan aset KAI. 


Dalam hal pelayanan, Daop 7 di bantu oleh komunitas pecinta kereta api atau railfans. Sebanyak 81 anggota railfans binaan Daop 7 akan ikut membantu melayani pengguna jasa KA yang akan naik maupun turun di beberapa stasiun di wilayah Daop 7.



Kemudian, sebanyak 19 Customer Service Mobile (CSM) yang tersebar di beberapa stasiun di wilayah Daop 7 juga telah disiapkan untuk membantu memberikan informasi kepada para pengguna jasa KA.


Hendra menambahkan, dalam memberikan kenyamanan kepada calon pelanggan KA di stasiun, Daop 7 Madiun juga meningkatkan kebersihan dan kehandalan fasilitas di stasiun, diantaranya fasilitas di Musala, fasilitas di toilet yang dipastikan akan berfungsi dengan baik, ketersediaan air tercukupi, dan selalu dalam keadaan bersih. Termasuk fasilitas pendukung lainnya seperti charger corner, kursi tunggu, trolly barang, area bermain anak, dan APAR.


Untuk mengantisipasi terkait kesehatan penumpang KA, Daop 7 Madiun juga menyiagakan dokter serta paramedic di Posko Kesehatan yang terbagi di empat stasiun yaitu Stasiun Madiun, Kertosono, Kediri, dan Stasiun Blitar.


Pada periode angkutan Lebaran 2022, Daop 7 Madiun menyiapkan total sarana 96 kereta dan lokomotif dengan rincian 10 lokomotif dan 82 kereta penumpang serta 4 kereta bagasi. Daop 7 Madiun juga menyiapkan sebanyak 8 perjalanan KA Jarak Jauh serta menyiapkan 61.864 tempat duduk dengan rata-rata 2.812 tempat duduk perhari. Sampai dengan saat ini, telah terjual 41.909 atau sekitar 62% dari ketersediaan tempat duduk. 


Selain KA keberangkatan dari Daop 7 Madiun, ada pula KA yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun sebanyak 38 perjalanan KA Jarak Jauh serta 4 KA Jarak Jauh tambahan dengan relasi ke berbagai tempat tujuan untuk melayani pelanggan KA pada periode tersebut.


Puncak arus mudik masa angkutan Lebaran tahun ini diperkirakan terjadi pada Sabtu 30 April 2022 dengan jumlah penumpang sebanyak 2.519 orang. Sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan meningkat pada Kamis 5 Mei 2022 dengan jumlah penumpang sebanyak 5.302 orang.


“Tiket Kereta Api pada masa angkutan Lebaran 2022 sudah dapat dipesan oleh masyarakat H-45 melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya,” jelas Hendra.



Terkait aturan terbaru naik KA, Mulai 20 April 2022, Hendra menjelaskan bahwa mulai 20 April 2022, pelanggan KA Jarak Jauh berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen, namun wajib sudah divaksinasi dosis kedua.


Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Perubahan atas SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 19 April 2022.


Sedangkan untuk anak usia 6-17 tahun yang baru divaksin dosis pertama, tetap diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam. Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh terbaru:

 

a) Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19

b) Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam

c) Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

d) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

e) Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

f) Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan


Dengan penetapan persyaratan ini, Hendra menghimbau kepada calon pelanggan untuk dapat segera melakukan vaksinasi agar perjalanan mudik kali ini aman dan sehat.


Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat naik KA di masa pandemi Covid-19, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.


“Dengan segala kesiapan yang telah dilakukan Daop 7 Madiun, diharapkan dapat memberikan pelayanan prima bagi pelanggan KA dan terwujudnya angkutan Lebaran 2022 yang sehat, selamat, dan senang, ” tutup Hendra. (Humdaop7/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages