TERAPKAN POLA HIDUP SEHAT, SUCIATI TERDAFTAR PROGRAM PROLANIS - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

TERAPKAN POLA HIDUP SEHAT, SUCIATI TERDAFTAR PROGRAM PROLANIS

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – Menikmati masa-masa di usia senja bersama keluarga tercinta merupakan harapan bagi setiap orang. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, kesehatan tentunya menjadi hal utama yang harus dijaga dan diperhatikan demi dapat melakukan segala macam aktivitas.


Nur Suciati, seorang istri pensiunan POLRI ini mengaku sangat beruntung karena dirinya dapat menjalani masa-masa tersebut dalam keadaan sehat. Selain selalu menerapkan pola hidup sehat, Suciati yang merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)  telah terdaftar sebagai peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Kabupaten Magetan.


“Saya rutin mengikuti kegiatan Prolanis di dr.Diana Etikawati. Seperti kegiatan senam serta kegiatan yang memberikan edukasi tentang kesehatan,” cerita Suciati.


Seperti yang telah kita ketahui bahwa Prolanis merupakan program pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan melibatkan peserta JKN-KIS, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan. Peserta yang menderita penyakit kronis menjadi sasaran utama dari program ini.


“Awalnya saya kurang paham terkait dengan Prolanis. Tapi dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama tempat saya terdaftar memberikan informasi dan edukasi, dan akhirnya ya saya bergabung,” katanya.


Suciati yang terdiagnosa mengidap hipertensi mengatakan bahwa program ini sangat baik dan efektif dalam rangka menjaga kualitas hidup yang optimal. Kegiatan dalam Prolanis harus dibarengi dengan perubahan gaya hidup sehat peserta JKN-KIS termasuk dengan keluarga.


“Pesan untuk selalu memulai hidup sehat dengan olah raga teratur, menghindari merokok dan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengurangi makanan yang kurang sehat, selalu disampaikan oleh tenaga kesehatan yang memberikan edukasi. Dan itu yang selalu saya ingat,” terang Suciati.


Di akhir kesempatan ia berharap agar Prolanis tetap ada untuk membantu peserta JKN-KIS memahami bagaimana mengelola dan menjaga kesehatannya, yang rata-rata dari peserta Prolanis tersebut adalah para lansia.


“Semoga kegiatan rutin dalam Prolanis seperti senam, pemeriksaan berkala, dan edukasi kesehatan akan selalu ada. Karena bagi kami yang memiliki penyakit kronis yang mana penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan, maka harus dapat mengelola kesehatan kami sendiri agar selalu dalam kondisi stabil. Salah satunya ya dengan mengikuti kegiatan Prolanis ini,” tutup Suciati.


Artikel ini juga tayang di jamkesnews.com dengan judul Suciati: Kelola Kesehatan Dengan Menjadi Peserta Prolanis. (ar/tk/yah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages