DINAS PERTANIAN MENGADAKAN PELATIHAN BUAT BURGER DAN CEKER MERCON UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN PETERNAK - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

DINAS PERTANIAN MENGADAKAN PELATIHAN BUAT BURGER DAN CEKER MERCON UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN PETERNAK

Share This

 


Ngawi, Pojok Kiri - Dalam meningkatkan ekonomi berbasis peternakan,Dinas pertanian melalui bidang peternakan mengadakan pelatihan pengolahan hasil produksi peternakan dalam kegiatan pengembangan dan pemasaran dqn usaha tani peternak.


Acara yang diadakan di RM Notosuman ,watualang mulai tanggal 26-27 Oktober 2020 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Marsudi diikuti oleh 50 orang dari 19 kecamatan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam penanganan covid 19.


Marsudi saat pembukaan mengatakan Sasaran kegiatan ini adalah keluarga khususnya ibu-ibu rumah tangga, perempuan sebagai sosok sentral keluarga tidak hanya mengurus rumah tangga dan mengasuh anak saja tetapi juga harus mampu mendukung ekonomi keluarga. Untuk mendukung ekonomi keluarga seorang ibu harus mempunyai kemampuan atau kreatifitas terutama dibidang kewirausahaan berbasis produk rumahan kreatif.



" Untuk menambah penghasilan dalam kata lain bisa menopang ekonomi di masa pandemi ini ibu ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani/ harus kreatif mencari peluang usaha,disini dilatih untuk membuat burger dan ceker mercon yang sangat diminayi masyarakat saat ini " Katanya.


Cara penanganan pasca panen hasil peternakan yang baik agar mengahasilkan pangan bermutu, aman dan layak di komsumsi adalah dengan peningakatan nilai tambah produk peternakan yang berkolerasi positif terhadap pendapatan peternak sehinga pendekatan pembangunana peternakan di arahkan pada pengembangan produk olahan.


Instruktur pelatihan Endang Sri Rahayu dan Nurul Hudayatin menjelaskan bahwa Daging ayam merupakan salah satu daging yang memegang peranan cukup penting dalam pemenuhan gizi masyarakat, karena banyak mengadung protein dan zat zat lainya seperti  lemak,mineral,vitamin yang penting untuk kelancaran proses metabolisme di dalam tubuh.


" Cara membuat sangat mudah,diharapkan setelah pelatihan ini dapat membuat di rumah dan bermanfaat untuk menambah penghasilan keluarga " terangnya.


Burger adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan di tengah nya diisi dengan patty yang biasanya di ambil dari daging , kemudian  sayur sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai saos  seperti  mayones ,saos tomat  dan sambel serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengakapi dengan keju,asinan,serta bahan pelengkap lainnya seperti sosis dan ham


Ceker mercon cara membuat digoreng sampai kecoklatan,rendam dengan air es.bahan Bumbu adalah  bawang merah dan putih cabe rawit serta kriting,kemiri,jahe,lengkuas,daun jerut purut,merica,kaldu ayam,kecap manis,garam,penyedap rasa dan gula pasir.bumbu dihaluskan terus dicampur dengan ceker ditambah penyedap rasa,masak sampai ceker empuk dan bumbu meresap.(PERTANIAN-BAMS)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages