DRG. SAIDA : WALAU ADA COVID-19, PELAYANAN PRIMA TETAP NOMOR SATU - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

DRG. SAIDA : WALAU ADA COVID-19, PELAYANAN PRIMA TETAP NOMOR SATU

Share This
Madiun, Pojok Kiri – Memberikan pelayanan prima kepada pasien yang berkunjung termasuk mereka peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap optimal dilakukan oleh drg. Saida Alfiani yang notabene merupakan salah satu mitra BPJS Kesehatan sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kabupaten Ngawi.

Dengan tetap menjalankan protokol pencegahan covid-19, FKTP tersebut tetap berkomitmen memberikan pelayanan secara optimal.

“Kami tetap membuka jam praktik pelayanan seperti biasa, tidak ada perubahan. Dengan upaya dan langkah pencegahan sesuai dengan anjuran pemerintah tetap kami laksanakan. Kewajiban menggunakan masker, memakai hand sanitizer baik sebelum dan sesudah mendapat pelayanan, termasuk juga pembatasan untuk pengantar hanya boleh satu orang saja. Dan yang boleh masuk ke ruang tindakan hanya pasien yang bersangkutan,” cerita Saida.

Dikatakan oleh Saida bahwa di tengah kondisi pandemi seperti yang saat ini terjadi, pelayanan gigi memang sangat riskan dan beresiko. Hal tersebut dikarenakan dalam memberikan tindakan pelayanan gigi tentu jaraknya sangat dekat dan berhubungan dengan mulut pasien.

“Akan tetapi saya menilai bahwa kesadaran masyarakat di sini sudah cukup tinggi. Dengan resiko yang mungkin terjadi karena adanya tindakan pelayanan gigi, maka berdampak pada jumlah kunjungan setiap harinya,” kata Saida.

Dalam pelayanan gigi saat ini memang yang diutamakan adalah untuk kasus emergency, artinya yang memang sudah tidak lagi dapat ditangani hanya dengan sebatas konsultasi dan pemberian obat oral, barulah akan dilakukan tindakan secara langsung.

“Kecuali untuk tindakan cepat, misalnya kasus pencabutan gigi sulung anak. Itu kan tidak memakan waktu lama, kita bisa lakukan. Itupun pada saat melakukan tindakan kami juga memakai Alat Pelindung Diri (APD),” tambahnya.

Terlepas dari memang apa yang sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawabnya atas komitmen yang telah ditanda tangani sebagai FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Saida berharap bahwa kondisi pandemi yang saat ini sedang terjadi segera membaik dan kembali seperti sedia kala, sehinga pelayanan gigi yang ia berikan juga bisa maksimal tanpa ada resiko-resiko yang mungkin terjadi.

Dirinya menilai bahwa di tengah kondisi seperti sekarang, maka kerja sama yang baik harus dilakukan guna mendukung pencegahan penyebaran Covid-19, baik dari pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

“Semua pihak harus betul-betul memiliki kesadaran dan tanggung jawab. Pemerintah harus bergerak melakukan pencegahan atas penyebaran covid-19 ini. Tak hanya itu, ketika pemerintah sudah melakukan upaya-upaya tersebut, maka tugas masyarakat juga harus mematuhi dan menjalankannya. Sehingga dengan begitu harapannya kondisi ini akan segera membaik. Kami sebagai pemberi pelayanan kesehatan juga membantu dalam memberikan edukasi kepada pasien yang berkunjung agar mereka lebih paham akan hal tersebut,” tutup Saida.(ar/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages