RSUD KOTA MADIUN BERIKAN LAYANAN OPTIMAL DI TENGAH KONDISI PANDEMI - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

RSUD KOTA MADIUN BERIKAN LAYANAN OPTIMAL DI TENGAH KONDISI PANDEMI

Share This
Madiun, Pojok Kiri – Rumah sakit sebagai Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) merupakan pelayanan publik yang tetap memiliki kewajiban dan tanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam kondisi apapun. Tak terkecuali di tengah kondisi pandemi covid-19 yang saat ini sedang terjadi.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Madiun merupakan salah satu mitra BPJS Kesehatan Cabang Madiun yang tetap menjalankan komitmennya dalam memberikan pelayanan secara optimal kepada pasien yang berkunjung, termasuk pasien yang merupakan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Pelayanan di RSUD Kota Madiun tetap dilakukan seperti biasa. Jam loket juga tidak ada perubahan. Akan tetapi, memang ada aturan terkait physical distancing yang kami jalankan sesuai dengan anjuran pemerintah dan Kementerian Kesehatan,” ungkap Kasie Pelayanan Medis RSUD Kota Madiun, drg. Priyo Rahardjo.

Priyo lebih lanjut menjelaskan bahwa anjuran untuk pemakaian masker bagi pasien yang berkunjung dan pengantar merupakan suatu hal yang diwajibkan. Sebelum memasuki lingkungan rumah sakit, dilakukan juga pengecekan suhu tubuh.

“Terkait kewajiban menggunakan masker, karena pengunjung rumah sakit berasal dari macam-macam strata ekonomi, maka di koperasi rumah sakit sudah kita sediakan masker kain dengan harga terjangkau. Karena tidak mungkin jika pengunjung atau pasien yang sudah jauh-jauh datang kemudian lupa tidak membawa masker kami minta untuk membawa terlebih dahulu,” jelasnya.

Mengenai jumlah kunjungan selama kondisi pandemi covid-19 ini, pasien yang melakukan kunjungan, termasuk di dalamnya adalah peserta JKN-KIS memang mengalami penurunan dibanding dengan jumlah kunjungan sebelum terjadinya pandemi covid-19 ini.

“Sekitar 37% terjadi penurunan jumlah kunjungan dibandingkan sebelum kondisi pandemi ini. Baik di poli dalam, poli syaraf, poli jantung dan rehabilitasi yang biasanya jumlah kunjungannya sangat tinggi juga mengalami penurunan,” kata Priyo.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pelayanan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Madiun, Joys Karman mengapresiasi upaya dan langkah dari RSUD Kota Madiun untuk tetap menjaga komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan, khususnya bagi peserta JKN-KIS.

Joys menekankan bahwa selama masa pandemi Covid-19, rumah sakit di wilayah kerja Kantor Cabang Madiun tetap beroperasional seperti biasa, pelayanan poli di rawat jalan tidak ada perubahan. Sehingga harapannya peserta JKN-KIS tetap dapat terlayani dengan baik.

“RSUD Kota Madiun sebagai salah satu rumah sakit rujukan di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Madiun tetap berkomitmen melayani peserta. Kondisi pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat pihak rumah sakit untuk melayani. Kami sangat mengapresiasi komitmen tersebut dan mengucapkan terima kasih,” ungkap Joys.

Terlepas akan tanggung jawab rumah sakit untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien, Priyo yang membawahi bidang pelayanan medis di rumah sakit tersebut juga berharap kondisi pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan pulih seperti sebelumnya.

“Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai pemberi layanan kesehatan untuk melayani masyarakat dalam kondisi apapun termasuk saat-saat seperti sekarang. Namun kami juga berharap kondisi pandemi Covid-19 ini segera berlalu, sehingga kami sebagai tenaga medis juga bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” tutupnya.(ar/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages