AMAN DI RUMAH, MOBILE JKN SOLUSINYA - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

AMAN DI RUMAH, MOBILE JKN SOLUSINYA

Share This
Madiun, Pojok Kiri – Suratun merupakan salah satu peserta program Jaminan Kesehatan Nsional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terdaftar di kelas 2 dari segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa disebut dengan peserta mandiri. Siang itu kedatangannya ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Madiun adalah untuk mengurus administrasi kepesertaannya.

“Tadinya ragu-ragu mau ke kantor karena kondisinya seperti ini. Tapi ternyata pelayanan di BPJS Kesehatan tetap buka seperti biasa. Bahkan pelayanan di tengah kondisi pandemi covid 19 ini sangat ketat. Masuk kantor sini harus menggunakan masker dan diukur suhu badannya,” cerita perempuan yang kesehariannya menjadi ibu rumah tangga tersebut.

Ketika bertemu dengan petugas yang melakukan pengecekan kelengkapan berkas administrasi, dirinya menjelaskan bahwa maksud kedatangannya kala itu adalah untuk melakukan pengurusan penurunan kelas. Dan oleh petugas, Suratun diberikan edukasi dan dibantu untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN, sehingga proses turun kelas bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut.

“Ternyata bisa dilakukan dengan aplikasi Mobile JKN. Selama ini saya belum begitu paham mengenai aplikasi ini, dan tadi dijelaskan oleh petugas BPJS Kesehatan bagaimana caranya. Bahkan dijelaskan juga fitur-fitur lain yang bisa saya gunakan di aplikasi Mobile JKN ini,” tambah Suratun.

Tak hanya dijelaskan mengenai fitur untuk penurunan kelas, oleh petugas BPJS Kesehatan Suratun djelaskan mengenai fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi Mobile JKN. Harapannya bahwa untuk ke depan tak hanya Suratun, akan tetapi peserta JKN-KIS yang lain juga bisa memaksimalkan penggunaan aplikasi Mobile JKN tersebut.

“Aplikasi Mobile JKN ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk turun kelas seperti yang tadi saya lakukan, akan tetapi bisa digunakan juga untuk pindah fasilitas kesehatan, mengecek iuran, atau pendaftaran ketika kita akan melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan. Lengkap sekali ya,” katanya.

Dirinya sangat mengapresiasi adanya aplikasi Mobile JKN tersebut, terlebih di tengah kondisi pandemi covid 19 seperti yang sedang terjadi saat ini yang mengharuskan kita lebih mengurangi mobilitas ke luar rumah dan menjaga social distancing dengan yang lain.

“Aplikasi Mobile JKN sangat bermanfaat sekali di tengah kondisi social distancing seperti saat ini. Pengurusan administrasi program JKN-KIS bisa dilakukan tanpa datang ke kantor BPJS Kesehatan. Aman di rumah, pengurusan JKN-KIS juga beres dengan Mobile JKN,” tutup Suratun. (ar/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages