Karang Taruna Dusun Jrubong Utara Kembangkan Usaha Bengkel Poles Berbasis Online - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Karang Taruna Dusun Jrubong Utara Kembangkan Usaha Bengkel Poles Berbasis Online

Share This
Ngawi, Pojok Kiri - Seperangkat alat poles seakan tidak pernah berhenti berdengung dari ruang berukuran 3 X 3 meter yang difungsikan sebagai bengkel poles di Jalan Siliwangi, Desa Jururejo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

Terlihat sejumlah pemuda sibuk menggosok mesin motor dan shockbreaker dari Bengkel poles yang didirikan oleh Karang Taruna Dusun Jrubong Utara sejak Agustus 2019 lalu, Minggu (29/12/19).

Kini, hanya dalam kurun waktu lima bulan bengkel poles Karang Taruna Dusun Jrubong Utara ini telah mampu menggaet pelanggan dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Menurut Warsito, Ketua Karang Taruna Dusun Jrubong Utara, Desa Jururejo, Kecamatan Ngawi, usaha mesin poles yang dirintis bersama teman-temannya mendapat apresiasi yang bagus melalui pemasaran dengan sistem online.

"Rata-rata kami dapat order melalui kiriman yang datang via paket dari berbagai daerah di Jawa Timur," kata Warsito sambil menunjukkan beberapa karya hasil tangan-tangan terampil mereka.


Banyaknya pesanan yang datang dan keterbatasan peralatan yang mereka miliki menjadi kendala tersendiri bagi usaha yang mereka rintis bersama ini, namun mereka dengan giat berusaha menyelesaikannya semaksimal mungkin.

"Hanya saja kita kekurangan alat, namun kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan order agar kepuasan pelanggan tetap terjaga," ungkap Warsito, Minggu (29/12/19).

Menurut Warsito, selain bergerak di bengkel poles, Karang Taruna Dusun Jrubong Utara, juga mengembangkan sayap usaha bidang perikanan, jasa pembayaran listrik dan PDAM.

"Kami juga melayani jasa pembayaran listrik dan PDAM, untuk di Dusun Jrubong Utara pembayaran listrik dan PDAMnya hampir mencapai dua belas juta rupiah perbulan," terang Warsito 

Sementara itu, Mohan, Ketua Karang Taruna Desa Jururejo, mengungkapkan, apa yang telah dirintis oleh Karang Taruna Dusun Jrubong Utara sudah mulai diikuti oleh karang taruna di dusun-dusun lain di Jururejo.


Menurutnya, kunci penggeraknya adalah guyup rukun dan sering berdiskusi untuk melahirkan gagasan-gagasan kreatif serta berani mengeksekusi menjadi suatu karya yang nyata.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Andri, Kasun Jrubong Utara yang terus-menerus memberi motivasi agar karang taruna bisa berdaya dan memiliki etos kerja tinggi dengan membaca peluang kerja.

Melihat kegiatan karang taruna yang menjadi salah satu pilar pembangunan desa yang cukup membanggakan, Kepala Desa Jururejo, Ninin Affandi yang baru dilantik oktober lalu, berencana akan meningkatkan anggaran untuk pemberdayaan.

"Selain menyediakan alat yang dibutuhkan, kita akan anggarkan untuk peningkatan SDM melaui bimtek dan pelatihan-pelatihan, supaya karang taruna ke depan bisa melahirkan pemuda yang trampil, mandiri dan bertanggungjawab secara sosial," tandas Ninin Affandi, Minggu (29/12/19). (day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages