KPU NGANJUK GELAR EVALUASI DATA PEMILIH 2019 - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

KPU NGANJUK GELAR EVALUASI DATA PEMILIH 2019

Share This
Nganjuk, Pojok Kiri, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilu (Pemililihan Umum) DPRD Tngkat II, DPRD Tingkat 1 dan DPR RI serta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Nganjuk masih melakukan koreksi dan evaluasi menyeluruh data pemilih Pemilu 2019, di Meeting room Front One Hotel, Selasa, 08 Oktober 2019. 

Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi semua tahapan pemutakhiran data pemilih, mulai saat pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), selanjutnya penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP), kemudian Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP 1) hingga DPT-HP 2 dan 3.

Seperti yang dikatakan Ketua KPU kabupaten Nganjuk Pujiono, dalam evaluasi data pemilih Pemilu 2019 tidak hanya dilakukan evaluasi terhadap alur pemutakhiran data pemilih, namun juga, dilakukan evaluasi terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat aktif didalamnya, mulai dari PPDP, PPS, PPK hingga KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sebagai pembanding ketersediaan data dan dan tidak ketinggalan operator-operator di masing-masing jenjang. 

"Agenda Pemutakhiran data pemilih Pemilu 2019 ini, diharap dapat menghasilkan catatan-catatan penting untuk perbaikan Pemilu berikutnya. Hal ini juga, diharap pada Pemilu atau Pilkada yang akan datang menghasilkan data pemilih yang bersih, akurat dan komprehensif," ujar Pujiono saat memberikan sambutan dalam gelar evaluasi pemutakhiran data pemilih Pemilu 2019, Selasa 08/10/2019, pagi. 

Masih menurut Ketua KPU Pujiono, dalam evaluasi juga dilakukan kajian ulang terhadap norma/aturan berupa surat edaran KPU maupun PKPU yang selama ini dijadikan rujukan pelaksanaan kegiatan, sehingga, disaat dalam pelaksanaan kegiatan pemutakhiran dianggap ada hal-hal yang kurang relevan, maka dikemudian hari ada penyempurnaan-penyempurnaan terhadap pelaksanaan pemutakhiran data pemilih. 

"Meski di kabupaten Nganjuk tidak ditemukan data error, sampai selesainya perselisihan hasil pemilihan umum di MK dan dinyatakan bersih, evaluasi pemutakhiran data pemilih ini, juga bertujuan, untuk menginventarisir kendala yang ada, agar didapat solusi atas permasalahan yang akan muncul pada Pilkada atau Pemilu yang akan datang," pungkas Pujiono pada awak media. (Ind)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages