LPK RI JATIM HADIR SEBAGAI PEMUTUS RANTAI KEMISKINAN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

LPK RI JATIM HADIR SEBAGAI PEMUTUS RANTAI KEMISKINAN

Share This
Kediri, Pojok Kiri, Dalam rangka melakukan pengesahan dan ferifikasi serta pemberitahuan atas keberadaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) Republik Indonesia (RI) wilayah Jawa Timur (Jatim) dibawah kepemimpinan Sigit Antariksa beberapa hari lalu telah lakukan pendaftaran ulang ke pemerintahan provinsi melalui Kesbangpol Jatim di Surabaya. 

Hal ini sebagaimana Undang-Undang (UU) Nomer 16 tahun 2017 tentang penetapan Peraturan Pemerintah pengganti UU Nomer 2 tahun 2017, tentang perubahan atas UU Nomer 17 tahun 2013 tentang Ormas. Bahwasannya keberadaan dan peran serta Ormas LPK RI di Jawa Timur dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat dan control sosial kepada pemegang kebijakan terus dilakukan.
Sebagaimana yang dikatakan oleh ketua DPW LPK RI Jatim pada media ini, keberadaan Ormas yang dipimpinnya adalah sebagai langkah preventif untuk meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh semua pengambil kebijakan serta untuk mengembalikan kesadaran dan kedaulatan masyarakat Indonesia, khususnya wilayah Jatim yang terenggut oleh kapitalisme dan imprealisme. Dengan tujuan, masyarakat konsumen agar cepat menyadari akan hak dan kewajibannya masing-masing, bukan terbelenggu oleh kemiskinan yang akibatkan ketidak berdayaannya. 

"Kami hadir untuk membangun kesadaran kedaulatan masyarakat agar memiliki kekuatan dasyat (people power) serta mampu berkontribusi besar dalam menentukan arah kebijakan dan kemajuan bangsa dan negara Indonesia khususnya wilayah Jatim dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Kalau hidup hanya berkutat pada ketidak mampuan dan ketidak berdayaan untuk keluar dari kondisi tersebut. Maka daya saing dan kemampuan SDM akan menjadi lemah dan berpengaruh pada progres pembangunan bangsa dan negara Indonesia," ujar ketua DPW LPK RI Jatim Sigit Antariksa.
Hal yang sama juga di sampaikan Suyatno wakil DPW LPK RI Jatim yang juga merangkap sebagai ketua pelaksana harian, terbentuknya LPK RI di Jatim untuk bersinergi dengan organisasi manapun dan instansi pemerintah apapun. Apalagi lembaga ini telah mendapatkan ijin dan rekomendasi dari pemerintah untuk melaksanakan  bidang konsumen dan berpijak pada UU Nomer 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan UU Nomer 42 tahun 1999 tentang jaminan Fidusia serta amanat undang-undang. 

Bahkan Suyatno juga menjelaskan kalau keberadaan lembaganya bukanlah untuk menjadi ajang penampilan atau tampang tapi sebagai lembaga yang siap kerja dalam memberikan bantuan perlindungan konsumen untuk menyetarakan dan menyeimbangkan antara pelaku usaha dan konsumen, sehingga tercipta kondisi usaha yang sehat dan kondusif.
Bahkan ia juga sempat menyinggung tentang sejarah berdirinya LPK RI yang didirikan pada 08 Desember 2016 dan didaftarkan pada 19 Desember 2016. Dimana pendirian LPK RI berawal dari kepedulian masyarakat akan penguna produk-produk dalam negeri serta bagaimana melindunginya. "Tujuan berdirinya LPK RI adalah sebagai pemberi bimbingan dan perlindungan kepada masyarakat konsumen menujuh kesejahteraan keluarga, sebagaimana Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomer 8 tahun 1999 yang mana saat ini konsumen masih sangat cendrung dirugikan oleh pelaku usaha. Karena itu kami hadir ditengah masyarakat untuk membela hak dan kewajibannya," pungkas wakil LPK RI Suyatno di sela-sela sesi acara Pembekalan dari DPP LPK RI di Bengkel Cafe Pesantren Kediri, 20/09/2019. (Ind) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages