Manfaat Dibalik Kegiatan Restocking Di Waduk Bening Saradan, 301.500 Ikan Di Tebar - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Manfaat Dibalik Kegiatan Restocking Di Waduk Bening Saradan, 301.500 Ikan Di Tebar

Share This

Ir.Agus Tjahjono, MSi Kabid perikanan dinas pertanian dan perikanan kabupaten Madiun

Madiun PKM.-Guna meningkatkan dan melestarikan jumlah populasi ikan yang ada di perairan umum /waduk, Dinas Perikanan Provinsi Jawa timur bersama Dinas pertanian dan Peternakan Kabupaten Madiun bidang perikanan melaksanakan Kegiatan restocking

Kegiatan restocking yang belum lama dilakukan tersebut diadakan di perairan umum tepatnya di waduk bening  kecamatan Saradan kabupaten Madiun, ada sekitar 301.500 ikan jenis tombro dan tawes yang di tebar, yang dilaksanakan pada tanggal 31 agustus 2018.

“Sekitar 301.500 ekor ikan jenis tombro dan tawes ditebar diperairan waduk bening Saradan”terang Ir.Agus Tjahjono ,MSi selaku Kabid perikanan dinas pertanian dan perikanan kabupaten Madiun.jumat(12/10).

Menurutnya bahwa, 301.500 ekor ikan jenis tawes dan tombro tersebut , oleh dinas perikanan provinsi Jawa timur diserahkan secara simbolis kepada 4 kelompok waduk Widas. 4 kelompok tersebut adalah kelompok Mina Widas lestari,Mina Widas Rahayu,Mina Widas mandiri,dan Mina Widas makmur,masing mendapatkan 1 paket.

" ada sekitar 4 kelompok waduk Widas yang mendapatkan paket restocking, 4 kelompok tersebut adalah kelompok Mina Widas Rahayu, Mina Widas mandiri,Mina Widas lestari,Mina Widas makmur, masing masing mendapatkan 1 paket ikan untuk dikelola dan di kembangkan di waduk Widas," terangnya.

Terkait  kekeringan di waduk bening Saradan disaat kemarau panjang yang secara otomatis menyebabkan kedalaman air di waduk bening Saradan berkurang.

Ir.agus Tjahjono,MSi.menjelaskan hal tersebut merupakan proses alami, jumlah populasi ikan tidak akan berkurang walaupun terjadi penyusutan debit air akibat kemarau atau pun untuk irigasi pertanian, karena kondisi debit air waduk bening Saradan bilamana terjadi kemarau panjang kondisinya masih aman untuk perkembangan populasi ikan.

Biasanya kelompok Mina Widas dalam mengantisipasi hal tersebut selalu melakukan restocking pada musim penghujan agar proses perkembangan populasi ikan bisa maksimal hasilnya pada saat dipanen nantinya.


Waduk bening Saradan kini punya banyak manfaat yang nyata bagi  kelompok Mina Widas dan masyarakat disekitarnya, peningkatan ekonomi dari hasil perikanan di waduk Widas,kini pun warung makan disekitarnya juga merasakan manfaatnya.

"Pada intinya banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan restocking di waduk bening Saradan ini baik dari sektor ekonomi , pelestarian lingkungan,dan kepariwisataan."ujarnya.(unk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages