Polres Ngawi Lakukan Pendampingan Vaksinasi PMK di Pasar Hewan - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Polres Ngawi Lakukan Pendampingan Vaksinasi PMK di Pasar Hewan

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Guna mencegah dan mengendalikan penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah hukumnya, Polres Ngawi Polda Jatim melaksanakan monitoring, pengecekan dan pendampingan vaskinasi ternak di Pasar Hewan Kandangan, Senin (30/1/23).


Hal tersebut disampaikan Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. melalui Plt Kasi Humas Polres Ngawi Iptu Dian Ambarwati yang menyatakan bahwa, vaksinasi massal pada hewan ternak berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, kambing dan domba ini bertujuan untuk menanggulangi PMK agar terbentuk kekebalan kelompok pada hewan ternak terutama sapi.


"Untuk itu, Polisi bersama petugas vaksinator hewan hingga jajaran TNI dan Instansi terkait berkolaborasi bersama melakukan vaksinasi massal terhadap hewan ternak berkuku belah tersebut,” terang Iptu Dian Ambarwati.


Lebih lanjut, Iptu Dian Ambarwati mengatakan, pengecekan kesehatan dan pendampingan vaksinasi hewan ternak sapi sangat membantu para peternak sapi di pasar hewan untuk mengurangi rasa khawatir ternak sapinya terjangkit penyakit PMK. 


Sementara itu, dilokasi yang sama, Kapolsek Ngawi Kota AKP Suyadi, S.H. mengatakan, pihaknya sengaja melakukan vaksinasi PMK massal di Pasar Hewan Kandangan mengingat pasar ini merupakan hewan terbesar yang terletak di pasar Legi Desa Kandangan Kecamatan dan Kabupaten Ngawi.



"Vaksin yang digunakan berjenis Aftogen dengan tim vaksinator dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi yang menyasar pada semua hewan ternak sapi di pasar hewan Kandangan yang belum divaksin," ujar AKP Suyadi.


Sedang, drh. Sri Wahyu Budi Utami selaku penanggung jawab tenaga vaksinator kewah mengimbau, agar warga tidak perlu panik dan merasa takut untuk melapor ke petugas apabila hewan ternak mereka mengalami penurunan kesehatan.


"Apabila ditemukan hewan sakit dengan ciri–ciri keluar air liur berlebihan, lepuh pada gusi, luka pada kuku atau kuku terlepas, lepuh pada mukosa mulut, lepuh di lidah segera laporkan, karena dari Dinas Peternakan dan Pertanian siap membantu memberikan pertolongan dengan obat dan vitamin," imbau drh. Sri Wahyu Budi Utami.


Selama pelaksanaan vaksinasi virus PMK di Pasar Hewan Kandangan, berjalan lancar dan aman, antisipasi kerawan dilakukan pengamanan oleh personil TNI-Polri dibawah kendali Kapolsek Ngawi Kota AKP Suyadi.


Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages