Pelaku UMKM Rasakan Manfaat JKN Di Tengah Himpitan Ekonomi - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Pelaku UMKM Rasakan Manfaat JKN Di Tengah Himpitan Ekonomi

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – Sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Susy Kurniasari pemilik Gusti Cake & Cookies merasakan betapa pentingnya mengikuti program jaminan kesehatan yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 


Susy yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) mengungkapkan bahwa tak lagi bingung memikirkan masalah biaya di saat ia ataupun anggota keluarganya ada yang sakit.


“Terlebih untuk sakit yang datangnya mendadak dan kita sedang ada pada kondisi tidak punya uang untuk berobat. Dengan menjadi peserta JKN, BPJS Kesehatan menjamin seluruh biaya pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” kata Susy.


Lebih lanjut Susy menceritakan pengalamannya ketika menggunakan Program JKN, baik saat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).


“Baru sekitar dua minggu yang lalu saya mengalami pembengkakan di sekitar tulang kaki dan harus melakukan foto rontgen dan konsultasi dengan dokter bedah. Pemeriksaan pertama di Puskesmas Demangan, dan akhirnya diberikan rujukan ke Rumah Sakit Sogaten, keduanya layanan yang diberikan sangat baik dan tidak ada kendala satupun,” cerita wanita 38 tahun itu.


Dari pengalaman tersebut, Susy merasa sangat merasakan manfaat menjadi peserta JKN. Terlebih Susy yang berasal dari segmen peserta PBI tidak perlu bingung untuk memikirkan pembayaran iuran setiap bulannya, karena untuk peserta PBI iuran setiap bulannya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat.


“Kalau saja dinominalkan pasti menghabiskan biaya yang sangat mahal. Alhamdulillah dengan mengikuti Program JKN saya tidak perlu membayar sepeserpun, mulai dari pengobatan awal hingga saat ini kondisinya sudah mulai sembuh,” tegas Susy.


Susy berharap agar Program JKN akan tetap ada memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat, sehingga tidak ada lagi nantinya ketakutan bagi masyarakat yang tidak mempunyai biaya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Tak hanya itu, Susy tak lupa mengucapkan terima kasih, baik kepada BPJS Kesehatan maupun Pemerintah yang telah bekerja sama dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat.


“Semoga untuk ke depannya Program JKN akan selalu memberikan layanan yang terbaik dan lebih baik lagi untuk seluruh masyarakat. Jadi, bagi yang belum menjadi peserta JKN, jangan tunda lagi untuk menjadi peserta JKN,” tutup Susy.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages