Polsek Kwadungan Dampingi Vaksinasi PMK Dosis 1 Desa Warukkalong - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Polsek Kwadungan Dampingi Vaksinasi PMK Dosis 1 Desa Warukkalong

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Berbagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran penyakit kuku dan mulut pada hewan ternak berkuku genap atau belah terutama ternak sapi terus dilakukan oleh Polsek Kwadungan Polres Ngawi, salah satunya dengan melakukan pendampingan pada kegiatan Vaksinasi virus PMK.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Warukkalong Aiptu Arifin bersama Babinsa Desa Warukkalong Sertu Suparmin pada Selasa, 18 Oktober 2022 pukul 10.00 WIB dengan melakukan pendampingan dan pengamanan kegiatan vaksinasi virus PMK dosis 1 di Desa Warukkalong, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi.


Kegiatan vaksinasi virus PMK di Desa Warukkalong dilaksanakan oleh petugas gabungan dari Penyuluh Peternakan Lapangan (PPL) Kecamatan Kwadungan Ari,   Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Ngawi Serda Dwi dan Tim Vaksinator dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi drh. Supriyanto, drh. Novia dan drh. Antonov Afikana selaku penanggung jawab tenaga vaksinator.



Dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, Kapolsek Kwadungan Polres Ngawi AKP Sunarijati, S.H. mengatakan, dalam kegiatan vaksinasi virus PMK di Desa Warukkalong kali ini petugas berhasil memvaksinasi 186 ekor sapi menggunakan vaksin jenis Aftomofen.


"Sebelum dilakukan vaksin PMK, petugas Penyuluh Peternakan Lapangan (PPL) Kecamatan Kwadungan menyampaikan pemahaman vaksin kepada pemilik hewan serta sosialisasi langkah-langkah menghadapi wabah penyakit PMK yang menyerang hewan ternak berkuku genap atau belah," ujar Sunarijati, Selasa (18/10/22).


Lebih lanjut Sunarijati menyebut, petugas vaksinator menyampaikan kepada para peternak bahwa ternak sapi yang akan divaksin harus dalam keadaan sehat, sebagai salah satu syarat dalam mengikuti vaksinasi PMK tersebut. Dari hasil pemeriksaan awal, seluruh ternak sapi dalam keadaan sehat.



Menurut Sunarijati, hal tersebut dilakukan dengan harapan para peternak sapi paham dan mengerti ciri-ciri hewan yang terjangkit virus PMK serta mampu mengatasi dengan pendampingan petugas kesehatan hewan terdekat.


"Diharapkan dengan kegiatan vaksinasi PMK ini terwujud senergitas kemitraan tiga pilar, antara TNI, Polri, petugas dari tenaga kesehatan hewan Dinas Perikanan dan Peternakan dengan para peternak Desa Banjaransari sehingga kegiatan bisa berjalan lancar tanpa ada paksaan," tutup Sunarijati.


Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages