Rina Jalani Bedah Sesar Dengan Program JKN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Rina Jalani Bedah Sesar Dengan Program JKN

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – Raut bahagia terpancar dari Rina Wardianah saat bercerita pengalamannya ketika menjalani proses persalinan buah hati pertamanya. Meski melalui proses yang bisa dikatakan tidak cepat, namun akhirnya wanita 26 tahun tersebut pada akhirnya berhasil melalui segala proses persalinannya.


“Pada awalnya di bidan, dari pembukaan satu hingga pembukaan tiga berhenti dua hari. Sampai pada akhirnya pembukaan enam, karena sudah bertahan empat hari di bidan, akhirnya diberikan rujukan ke rumah sakit,” cerita Rina.


Rina pada akhirnya menjalani proses bedah sesar di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dengan berbekal surat rujukan yang diberikan oleh bidan yang menangani sebelumnya. Ia mengaku bahwa dalam mengurus administrasi mulai dari pendaftaran hingga sampai diperbolehkan pulang, Rina tidak mengalami kendala apapun.


“Petugas rumah sakit juga memberikan arahan dengan cukup jelas, kami ikuti sesuai arahan. Alhamdulillah tidak ada kesulitan apapun, bahkan dari segi pelayanan ketika saya menjalani bedah sesar hingga saat rawat inap, pelayanannya sangat baik, tidak dibeda-bedakan dengan pasien yang lain,” tambahnya.


Rina merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berasal dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), artinya iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya menjadi tanggung jawab dari pemerintah. Itulah salah satu hal yang disyukuri Rina karena berkat bantuan dari pemerintah, dirinya bisa merasakan begitu besarnya manfaat Program JKN yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).


Rina juga menambahkan bahwa dengan memiliki jaminan kesehatan maka dirinya beserta keluarga merasa tenang jika suatu saat dalam kondisi sakit dan harus memerlukan penanganan lebih lanjut di fasilitas kesehatan. Hal yang dulu ditakutkan ketika berobat yaitu masalah biaya, sudah tidak lagi menjadi hal yang ditakutkan, karena pastinya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.


“Tugas kita adalah memahami dan menjalani bagaimana aturan, alur dan prosedur yang sudah ditetapkan. Kalau semuanya sesuai, tidak perlu cemas masalah biaya. Seandainya kemarin persalinan saya tidak menggunakan Program JKN, mungkin sudah habis puluhan juta untuk biayanya. Tapi saya bersyukur, semuanya gratis. Terima kasih BPJS Kesehatan,” tutup Rina.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages