Pasang 201 Sambung Tuwuh, Kota Madiun Pecahkan Rekor MURI - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Pasang 201 Sambung Tuwuh, Kota Madiun Pecahkan Rekor MURI

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri - Kota Madiun Mantu merupakan serangkaian acara Perayaan HUT Kota Madiun ke 104 yang tercatat dalam rekor MURI dengan kategori Sambung Tuwuh terbanyak, yakni sejumlah 201 sambung tuwuh yang dipasang berderet di sepanjang Jalan Pahlawan, dari rumah dinas Wali kota Madiun hingga Balaikota Madiun. 


Acara Kota Madiun Mantu pada Kamis (14/07/22) diikuti 9 pasang  mempelai, yang diawali prosesi akad nikah di rumah dinas Wali Kota Madiun dan selanjutnya di arak dari rumah dinas berkeliling melalui Jalan Jendral Sudirman, Dr Soetomo, Kompol Sunaryo, menuju Balaikota Madiun. 


Antusias masyarakat dalam acara Kota Madiun Mantu ini cukup banyak, terbukti banyaknya masyarakat untuk menyaksikan prosesi pernikahan meskipun di bawah terik panas matahari. 


Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan dalam 2 tahun terakhir kegiatan mantu ini sangat dibatasi bahkan ada yang ditunda. 

 

" Dengan Covid yang mereda ini, Salah satu program pemerintah daerah, yaitu gas ekonomi Rem Covid, inilah ekonomi kita gas tetapi gasnya ekonomi ini banyak manfaat artinya tidak hura - hura, tetapi manfaatnya bahwa yang selama 2 tahun ada kesulitan dia tidak bisa mantu, dia tidak bisa nikah, ini saya jadikan satu semuanya, " Terang Maidi. 


Wali Kota menambahkan antusias masyarakat dalam memasang pohon pisang untuk Sambung Tuwuh cukup besar. 


" Awalnya kita rencanakan 104 sehingga hari ini ada 201 Alhamdulillah, ternyata masyarakat semuanya juga ikut pasang, di sinilah bahwa kegiatan-kegiatan banyak manfaatnya ini yang harus digalakkan di Kota Madiun, " Jelas Wali Kota Maidi



Sambung Tuwuh memiliki makna mengantarkan seorang sepasang kebahagiaan dan di dalam menjalankan kehidupan dunia akhirat, nama Kembar Mayang Sambung Tuwuh identik dengan kebahagiaan. 


Sementara itu, Sri Widayati, Representatif MURI mengatakan prosesi pemasangan sambung tuwuh tercatat sebagai rekor dunia dengan urutan ke 10.435.


" Kami hadir ke kota Madiun untuk kembali mencatat prestasi yang spektakuler yaitu Madiun mantu, dalam rangka ulang tahun kota Madiun ke 104, mengadakan prosesi adat pemasangan sambung tuwuh dengan jumlah terbanyak, semula direncanakan 104 sambung tuwuh sesuai dengan hari ulang tahunnya, namun setelah kita verifikasi ada 201 sambung tuwuh dan luar biasa rekor kali ini kita catat sebagai rekor dunia dengan urutan ke 10.435 " Ungkap Sri Widayati. (yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages