Kapolsek Bersama Sekcam Pitu Pimpin Gropyokan Tikus Masal di Dusun Ngubalan - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Kapolsek Bersama Sekcam Pitu Pimpin Gropyokan Tikus Masal di Dusun Ngubalan

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Kapolsek bersama Sekcam Pitu pada Senin, 10 Mei 2021, pukul 06.30 WIB hingga 09.00 WIB melakukan Gropyokan tikus secara masal di persawahan Dusun Ngubalan, Desa Banjarbanggi, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi.


Selain Kapolsek dan Sekcam Pitu, giat gropyokan tikus ini di ikuti pula oleh Kepala BPP pertanian Kecamatan Pitu, PPL Kecamatan Pitu, Kepala Desa Banjarbanggi beserta Perangkat serta kelompok tani Desa Banjarbaggi Kecamatan Pitu (Poktan Sri Rejeki, Rukun Tani, Tani Makmur dan Sri Lestari).


Ditemui di lokasi gropyokan, Kapolsek Pitu IPTU Karno kepada Pojok Kiri mengatakan, gropyok tikus secara masal ini dilaksanakan dalam rangka pengendalian hama tikus di wilayah Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi.



"Sebelum pelaksanaan kegiatan, kami, Kanit Binmas serta Anggota Polsek Pitu membagikan masker kepada kelompok tani yang akan melakukan gropyokan tikus masal ini," ujar IPTU Karno, Senin (10/5/2021).


Menurut IPTU Karno, sebelum kegiatan juga dilaksanakan apel dan pengarahan oleh Sekcam Pitu dan Kapolsek Pitu yang meyampaikan maksud dan tujuan dari pelaksanaan gropyok tikus secara masal ini.


"Kita, dengan peralatan pentungan bersama sama mencari keberadaan lubang tikus. Kemudian lubang tikus tersebut diberi belerang lalu dibakar dengan peralatan kompor tikus. Apabila ada tikus yang keluar, laku dipukul untuk mematikan tikus tersebut," terang IPTU Karno kepada Pojok Kiri



Dalam melaksanakan gropyokan tikus tersebut, IPTU Karno menekankan kepada seluruh Perangkat serta kelompok tani dan masyarakat Desa Banjarbaggi, Kecamatan Pitu agar tetap menerapkan protokol kesehatan.


IPTU Karno berharap, dengan dilaksanakan gropyokan tikus secara masal maka tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan jebakan tikus beraliran listrik dalam penanggulangan hama tikus di persawahan.


"Dalam kegiatan gropyokan tikus secara masal ini, kita berhasil menangkap setidaknya 50 ekor tikus yang kemudian kita memusnahkan secara bersama-sama," tutup IPTU Karno. (Day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages