Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020, Kapolres Ngawi Himbau Wujudkan Sitkamtibmas Yang Aman Dan Kondusif - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020, Kapolres Ngawi Himbau Wujudkan Sitkamtibmas Yang Aman Dan Kondusif

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Kepolisian Resor (Polres) Ngawi laksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Semeru Tahun 2020 lapangan Yon Armed 12 Ngawi. Apel dipimpin Kapolres Ngawi Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya melibatkan unsur dari TNI-POLRI, Satpol-PP, dan Instansi terkait, Senin (21/12/2020).


Dalam amanah Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Ngawi Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya selaku pimpinan apel menyebutkan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.


"Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021.” ucap AKBP I Wayan Winaya


Lebih lanjut AKBP I Wayan Winaya menyampaikan, Operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.


"Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadi cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, harus lebih peduli. Jangan sampai perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19," sambung AKBP I Wayan Winaya.


Masih kata AKBP I Wayan Winaya, berdasarkan mapping kerawanan telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras dan aksi perusakan fasilitas umum.


Selain itu, AKBP I Wayan Winaya menuturkan perlu dilakukan pencegahan terhadap aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.



"Guna menyukseskan operasi lilin 2020 ini, Kapolri menekankan beberpa hal, diantaranya seluruh personel yang terlibat agar menyiapkan mental dan fisik serta menjaga kesehatan. Melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan, pengamanan secara profesional dan humanis. Disamping penegakan hukum secara profesional dan proporsional, memantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas serta menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar AKBP I Wayan Winaya.


“Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak” himbau AKBP I Wayan Winaya.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Ngawi juga menyampaikan pesan dari Kapolda Jatim yang mengingatkan seluruh jajaran untuk melaksanakan arahan pemerintah bahwa tidak ada perayaan menyambut pergantian tahun baru pada tahun ini.


"Pada Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Semeru Tahun 2020 ini kita menyiapkan 192 personil yang akan tersebar didalam enam pos yaitu tiga pos pelayanan untuk mengatur arus mudik dan arus balik serta tiga pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan pada kegiatan tahun baru selain itu kita juga menitikberatkan pada pencegahan penyebaran Covid-19," tandas AKBP I Wayan Winaya.


Apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru tahun 2020 kali ini mengambil tema “Melalui apel gelar pasukan, kita tingkatkan sinergitas untuk mewujudkan sitkamtibmas yang aman dan kondusif serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan rasa aman dan nyaman di masa pandemi Covid-19”.


Penulis : Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages