SMPN 1 TANJUNGANOM TERAPKAN KOMPETENSI AKADEMIK DIGITAL DENGAN PORTAL RUMAH BELAJAR - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

SMPN 1 TANJUNGANOM TERAPKAN KOMPETENSI AKADEMIK DIGITAL DENGAN PORTAL RUMAH BELAJAR

Share This
Nganjuk, Pojok Kiri, Dalam rangka peningkatan kompetensi akademik berbasis digital SMPN 1 Tanjunganom kabupaten Nganjuk pada tahun ajaran 2019/2020 mencoba memakai start-up edutech "Ruang Belajar" gratis yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi para peserta didiknya. Layanan digital ini adalah sebuah produk edukasi yang menyediakan portal layanan pendidikan formal dan non formal berbasis online. 

Layanan digital Ruang Belajar adalah sarana belajar mandiri online, melalui learning journey per-sub topik yang terdiri dari video, rangkuman, latihan topik dan catatan yang dapat diakses melalui aplikasi. Produk yang diluncurkan Kemendikbud ini mirip start-up edutech Ruang Guru, sebuah aplikasi pra-bayar yang saat ini digandrungi para pelajar, baik dari Paud, tingkat dasar, Pertama, maupun tingkat atas. 

Sedangkan SMPN 1 Tanjunganom dalam menjawab tantangan ini, mulai melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada tenaga pendidik, agar mampu menyajikan konten pembelajaran yang menarik minat pengakses aplikasi ini. Bahkan para peserta didik-pun yang mempunyai HP atau Laptop diwajibkan Men-download aplikasi ini sebagai media pembelajaran mandiri. 

Sebagaimana yang dikatakan oleh kepala SMPN 1 Tanjunganom kabupaten Nganjuk, Teguh Sujadmika, S.Pd, M.Pd, mengatakan, menyongsong era kompetensi digital, pihaknya perlu menyiapkan tenaga pendidik dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensinya dalam menetapkan model pembelajaran inovatif. Karena tenaga pendidik adalah fasilitator bukan tokoh utama sumber belajar. Karena itu, pihaknya juga perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar peserta didik tidak merasa terbebani. 

Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomer 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 40 ayat (2) yang berbunyi guru dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis dan Peraturan Pemerintah Nomer 19 tahun 2005 tentang standar Pendidikan Nasional, pasal 19 ayat (1) yang berbunyi proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang gerak yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik, serta psikologi siswa. 

"Persiapan itu yang perlu kami kembangkan lagi, agar kompetensi akademik berbasis digital mampu mendongkrak minat anak. Jadi kami perlu menyiapkan tenaga pendidik yang handal dan berkarakter, agar mampu menjadikan sekolah kami dengan kompetensi akademik digitalnya yang ramah anak dan lingkungan," ujar kepala SMPN 1 Teguh. 

Masih lanjut Teguh Sujadmika, Portal Rumah Belajar diharapkan mampu mefasilitasi terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan para peserta didik dengan bimbingan tenaga pedidik yang ada di SMPN 1 Tanjunganom. Sedangkan portal Rumah Belajar terdapat delapan fitur utama yaitu sumber belajar, bank soal, laboratorium maya, kelas digital, peta budaya, wahana jelajah angkasa, Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Selain itu, terdapat  3 fitur pendukung yaitu karya guru, karya komunitas, dan karya sastra. 

Sedangkan laman tambahan atau link yang dapat diakses di Rumah Belajar, yaitu: TV edukasi, Radio Edukasi, Suara Edukasi, m-edukasi, dll.
Semua fitur disajikan dengan tampilan menarik seperti komposisi warna yang sesuai, interaktif, terdapat teks, audio, visual, animasi pada fitur sumber belajar. Sedangkan untuk mengatasi keterbatasan praktik dan praktikum siswa pada laboratorium sesungguhnya yang menuntut ketersediaan alat dan bahan dapat memanfaatkan fitur laboratorium maya. 

"Sebagai langka awal kami akan menggunakan Rumah Belajar sebagai kompetensi akademik digital, tapi lambat laun dengan ditunjang tenaga pendidik yang terampil dan handal bukan tidak mungkin kami akan buat portal sendiri. Dan untuk sementara bagi peserta didik yang tidak punya Hp android sekolah menyediakan 4 kelas TIK untuk dijadikan tempat Rumah Belajar," pungkas kepala SMPN 1 Tanjunganom diruang kerjanya, 21/10/2019. (Ind)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages