SMPN 1 TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK UTAMAKAN DISIPLIN DAN BERKEPRIBADIAN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

SMPN 1 TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK UTAMAKAN DISIPLIN DAN BERKEPRIBADIAN

Share This
Nganjuk, Pojok Kiri, Dalam rangka menangkal dekadensi moral anak bangsa dan penyiapan generasi muda berkualitas unggul, SMPN 1 Tanjunganom kabupaten Nganjuk, memunculkan gagasan pendidikan karakter sebagai solusi dalam menjawab permasalahan moral pendidikan yang semakin carut marut. 

Hal ini dirasa, karena pentingnya pendidikan karakter sebagai solusi untuk menjawab permasalahan moral dalam dunia pendidikan Indonesia, Nganjuk pada khususnya. Pendidikan karakter menurut SMPN I Tanjunganom, merupakan bagian dari pendidikan nilai (values education) melalui sekolah. Harapannya, sekolah tidak hanya bertanggung jawab dalam mencetak peserta didik yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi juga dalam diri, karakter dan kepribadian.

Begitu pentingnya pendidikan karakter terhadap siswa didiknya, sekolah ini mulai merubah mindset yang awalnya prestasi akademik adalah segalanya, kini menjadi kedisiplinan dan kepribadian akan membawa prestasi positif. Sebagaimana yang dikatakan kepala SMPN 1 Tanjunganom Teguh Sujadmika, S.Pd, M.Pd, pendidikan karakter dalam dunia pendidikan adalah cermin akhlaq atau moral dari suatu bangsa. Dimana para generasi bangsa dituntut mampu mengaplikasikan, cara beretika, bertanggungjawab dan peduli kepada sesama. 

"Pendidikan karakter bukan hanya tentang cara pengajaran salah dan benar, tetapi tentang penanaman kebiasaan atau habituation, tentang yang baik, sehingga peserta didik paham dan mampu merasakan, serta mau melakukan hal yang baik dan benar, sebagaimana norma-norma yang terkandung dalam Pancasila," ujar Teguh Sujadmika pada media ini diruang kerjanya. 

Bahkan Teguh Sujadmika juga menyadur perkataaan Frye tentang pendidikan karakter pada tahun 2002 silam yang mengatakan a national movement creating school that foster ethical, responsible, and caring young people by modeling and teaching good character through an emphasis on universal values that we all share yang artinya suatu gerakan nasional untuk menciptakan sekolah yang dapat membina anak-anak muda beretika, bertanggung jawab, dan peduli melalui keteladanan dan pengajaran karakter yang baik melalui penekanan pada nilai-nilai universal yang disepakati bersama. 

Jadi, pendidikan karakter sebagaimana yang diungkap Frye, sudah seharusnya menjadi gerakan nasional untuk menjadikan sekolah sebagai agen dalam membudayakan nilai-nilai karakter mulia melalui pembelajaran dan pemberian contoh (model) sebagaimana yang termaktub dalam nilai-nilai Pancasila. 

"Era yang semakin maju, kami dituntut untuk berinovasi dalam memberikan pembelajaran karakter, dan sejak tahun ajaran 2019/2020 Sekolah ini, menerapkan kopetensi akademik berbasis digital melalui aplikasi "Rumah Belajar" yang ramah anak, dengan penyajian konten edukasi tentang pembentukan jiwa entrepreneurship, yaitu jiwa keberanian dan kemauan menghadapi problema hidup serta kehidupan secara wajar, jiwa kreatif untuk mencari solusi dan jiwa mandiri," ujar Teguh lagi. 

Sedangkan jiwa entrepreneurship yang dikembangkan adalah pendidikan karakter yang bersumber dari budaya bangsa. Dengan menerapkan prinsip-prinsip dan metodologi ke arah pembentukan karakter para peserta didik melalui kurikulum terintegrasi yang akan dikembangkan di sekolahnya. Hal ini juga berlaku pada tenaga pendidik di SMPN 1 Tanjunganom, sebagai agen perubahan, pendidik diharapkan mampu menanamkan ciri-ciri, sifat, dan watak serta jiwa kepada peserta didiknya.

"Untuk menunjang semua itu kami telah melakukan pelatihan kepada para pendidik mengenai disiplin, moral dan akhlaq, dengan tujuan agar terbentuk kerukunan, keharmonisan dan keamanan dilingkungan sekolah. Sehingga mampu menjadikan sekolah sebagai rumah kedua setelah rumah tinggalnya," pungkas Teguh Sujadmika kepala SMPN 1 Tanjunganom kabupaten Nganjuk, Sabtu, 13/10/2019, siang. (Ind)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages