RUAT SENGKOLO BUMI PROJO, KURASAN SUMBER NGUMBUL - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

RUAT SENGKOLO BUMI PROJO, KURASAN SUMBER NGUMBUL

Share This
Madiun, Pojok Kiri.Taman wisata Ngumbul yang terletak di kabupaten Madiun di banjiri oleh ribuan warga yang ingin menyaksikan Kirab Pusaka. (Minggu,8/9/2019)
“ Kirab Pusoko ini memiliki acara inti yaitu kurasan sumber Ngumbul, yang diadakan di awal tahun setiap awal bulan Muharam (Suro)” ujar Agus Mahendra S.E selaku Kepala Divisi Umum dan Pemasaran Taman wisata Ngumbul. 
Berbagai macam rangkaian acara Kurasan Sumber Ngumbul dengan tema Ruat Sengkolo Bumi Projo diantaranya Kirab Budaya,Kirab Tumpeng, Kirab Pusaka, dan Jamasan Pusaka. 
Acara di awali dari Kirab Pusoko dan Kirab Budaya, di lanjutkan dengan kurasan sumber Ngumbul, doa’ dan ritual di punden Ngumbul, Jamasan Pusoko dan terakhir Ruatan Masal.
“Peserta dalam acara ini kurang lebih ada 1700 orang” Tegas Agus Mahendra S.E.
Peserta dari acara ini adalah rombongan dari pihak wisata Ngumbul, warga desa Ngumbul yang di wakili oleh beberapa RT serta dari lembaga sekolah yang ada di sekitar taman wisata Ngumbul.

Para peserta mempertunjukan kesenian daerah seperti  dongkrek, reog, gajah-gajahan, dan drumband yang berjalan sejauh dua kilo. 
“Start rute kirab berada di wisata Ngumbul menuju ke arah timur, kemudian keselatan  arah ke dusun Sirah Nogo, lalu ke barat , kemudian belok keutara finish di Ngumbul lagi” Jelas Agus Mahendra S.E. 
"Acara ini juga rutin dilakukan setiap tahun, pelaksanaannya selalu digelar pada bulan suro dan sudah menjadi tradisi."pungkasnya.(unk/Dph).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages