Kendalikan Hama, Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Madiun Lakukan Kegiatan Sekolah Lapang - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Kendalikan Hama, Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Madiun Lakukan Kegiatan Sekolah Lapang

Share This


Madiun pojok kiri . Kegiatan SL (sekolah lapang) dengan materi tentang perlindungan  terhadap tanaman pangan yang dilakukan oleh Dinas pertanian dan perikanan kabupaten Madiun bersama kelompok tani yang ada di kabupaten Madiun tersebut, merupakan kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan.

Kali ini agenda tersebut dilaksanakan pada kelompok tani "krido tani" yang berada di desa Kedungrejo kecamatan Pilangkenceng kabupaten Madiun.rabu (29/5/2019).

Berdasarkan jadwal kegiatan, SL(sekolah lapangan) sudah memasuki pertemuan yang ke 4 dari 12 pertemuan yang sudah dijadwalkan.Dalam pelaksanaannya, SL diikuti sekitar 25 peserta yang terbagi menjadi 5 kelompok, masing masing kelompok akan didampingi  oleh satu petugas dari dinas terkait. " SL di kelompok tani  Krida Tani  ini sudah pertemuan yang ke 4, jadwal nya nanti akan dilakukan selama 12 kali pertemuan ," kata Suyatno SP. Kasi perlindungan Tanaman dan Saprodi.


Terkait metode yang diterapkan pada SL (sekolah lapangan) diawal kegiatan tersebut, para peserta  melakukan pengamatan langsung di lapangan.  Mengamati  dan melakukan perumusan masalah. Apabila diketemukan kasus seperti hama pada padi misalnya, kelompok akan  mencatat dalam bentuk gambar dan skema kemudian dilakukan pembahasan serta cara pengendalian bersama pendamping dari dinas terkait.

" Kelompok tani akan mengidentifikasi permasalahan di lapangan, pada tanaman padi misalnya, apabila ada temuan mereka langsung mendata dan membawa temuan tersebut untuk dibahas bersama dengan pendamping dari dinas."ungkapnya.

Salah satu peserta dari kelompok tani yang mengikuti SL tersebut mengungkapkan, pihaknya sangat terbantu dengan ada sekolah lapang dari dinas pertanian, segala permasalahan terkait hama pada tanaman padi semua dibahas hingga cara penanggulangannya." bermanfaat sekali , dengan adanya SL ini saya jadi banyak pengetahuan , terutama bagaimana cara menanggulangi hama dan ujungnya hasil panen tanaman padi saya bagus semua,"ungkap salah satu peserta SL. Krida Tani.


Suyatno selaku Kasi perlindungan tanaman dan Saprodi dinas pertanian dan perikanan kabupaten Madiun berharap, Dengan adanya kegiatan sekolah lapangan ini para petani bisa mandiri, faham apa yang harus mereka lakukan apabila mendapatkan suatu  permasalahan pada tanaman padi mereka, khususnya serangan hama."sekolah lapangan ini diharapkan bisa bermanfaat dan bisa disebarluaskan pengetahuannya kepada para petani lainnya."pungkasnya.(unk/adv).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages