Kurniawan: Aplikasi Mobile JKN Berikan Kemudahan Dalam Genggaman - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Kurniawan: Aplikasi Mobile JKN Berikan Kemudahan Dalam Genggaman

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – Kurniawan Pratama, salah satu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah merasakan kemudahan layanan yang dihadirkan melalui Aplikasi Mobile JKN. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Aplikasi Mobile JKN memang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN.


“Hanya dengan satu aplikasi itu, saya sebagai peserta JKN merasa diberikan kemudahan ketika akan mengurus perubahan data. Terlebih itu bisa dilakukan di mana dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” ungkap pria yang telah dikaruniai satu orang anak itu.


Kurniawan kala itu melakukan perubahan data fasilitas kesehatan tempat ia dan keluarganya terdaftar. Berbekal informasi yang diperolehnya, ia mencoba untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN dan melakukan registrasi. Benar saja, Kurniawan merasakan proses perubahan data tersebut sangat mudah dan tidak menghabiskan waktu yang lama.


“Setelah melakukan registrasi dan kita bisa masuk ke Aplikasi Mobile JKN, kita  tinggal klik menu perubahan data peserta. Nanti akan muncul data kita mulai dari nama, segmen peserta, NIK, nomor telepon, email, alamat, faskes tingkat pertama. Untuk ganti faskes itu sendiri dapat dilakukan minimal tiga bulan sekali,” jelas Kurniawan.


Dirinya menambahan bahwa Aplikasi Mobile JKN seharusnya dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh peserta JKN karena memang banyak fitur yang bisa dimanfaatkan guna memberikan kemudahan. Selain itu Aplikasi Mobile JKN adalah pilihan mudah, praktis dan efisien bagi peserta JKN yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang secara langsung ke kantor BPJS Kesehatan guna mengurus pelayanan administrasi, Tak hanya itu, dalam aplikasi tersebut juga terdapat fitur KIS Digital yang dapat digunakan sebagai identitas peserta JKN ketika mengakses layanan kesehatan.

“Kini berobat kan tidak lagi cemas ketika tidak membawa kartu fisik, kita bisa menunjukkan KIS Digital atau bahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Nomor Identitas Kependudukan (NIK), maka kita tetap akan mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan sesuai dengan hak kita sebagai peserta JK. Jadi tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pelayanan kesehatan,” tambahnya.


Melalui Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui Play store atau App Store, semua layanan dan informasi bagi peserta JKN dapat diakses dalam satu genggaman. Dalam aplikasi tersebut terdapat menu peserta, ubah data peserta, ketersediaan tempat tidur, pendaftaran pelayanan, premi, konsultasi dokter, jadwal tindakan operasi, skrining kesehatan, obat yang ditanggung, catatan pembayaran, pendaftaran peserta, pembayaran, riwayat pelayanan, informasi dan pengaduan, info JKN, dan masih ada fitur lain yang tentunya memberikan manfaat kemudahan bagi peserta JKN.


Kurniawan berharap agar kemudahan-kemudahan tersebut akan terus ditingkatkan agar peserta JKN selalu mendapatkan kenyamanan serta kepuasan akan program jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan tersebut. Tidak hanya pelayanan di fasilitas kesehatan yang terus ditingkatkan, akan tetapi pelayanan administrasi juga harus ditingkatkan agar peserta JKN yang akan memiliki kepentingan tersebut merasa puas dengan layanannya baik layanan tatap muka maupun secara online.


“Saya yakin semua fitur yang ada dibuat untuk memberikan manfaat dan kemudahan. Oleh karena itu segeralah unduh Aplikasi Mobile JKN dan rasakan  manfaatnya. Di sisi lain saya berharap, BPJS Kesehatan tetap berinovasi terus demi memberikan kemudahan pelayanan. Dengan begitu, kami sebagai peserta JKN akan selalu merasa puas dengan layanan yang diberikan, salah satunya tentu pelayanan administrasi,” tutup Kurniawan. (rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages