Bhatarling Polsek Pangkur, Berikan Himbauan Ketahanan Pangan Kepada Petani - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Bhatarling Polsek Pangkur, Berikan Himbauan Ketahanan Pangan Kepada Petani

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah hukumnya, Polsek Pangkur Polres Ngawi melaksanakan patroli dialogis Bhayangkara Pendamping Penjagaan Pertanian Ramah Lingkungan (Bhatarling) di wilayah Kecamatan Pangkur, Rabu (4/1/23).


Patroli dialogis Bhatarling Pangkur Pangkur tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Pangkur AKP Subandi, S.H., M.H. didampingi Wakapolsek dan anggota jaga Polsek Pangkur dengan mendatangi petani di area persawahan Desa Babadan, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi.


Ketika dikonfirmasi, AKP Subandi mengatakan, patroli dialogis tersebut sesuai petunjuk dan arahan Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. yang mengungkap bahwa Bhatarling merupakan salah satu program unggulan dari Polres Ngawi dan Pemerintah Kabupaten Ngawi guna mendukung program akselerasi pertanian ramah lingkungan demi menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Ngawi khususnya bagi para Bhabinkamtibmas yang tugasnya sebagai pendamping petani dalam menuju pertanian ramah lingkungan.


"Untu itu, kita secara intensif mendatangi para petani diwilayah Kecamatan Pangkur untuk memberikan himbauan agar menerapkan sistim pertanian yang ramah lingkungan,” ujar AKP Subandi, Rabu (4/1/23).



Tidak hanya itu, menurut AKP Subandi, dalam pelaksanaan patroli dialogis bersama petani tersebut pihaknya menyampaikan himbauan tentang ketahanan pangan nasional di wilayah Kecamatan Pangkur serta sosialisasi larangan penggunaan strum listrik sebagai jebakan hama tikus di area persawahan karena sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain, mengingat sudah banyak korban meninggal dunia akibat pemasangan jebakan tikus menggunakan listrik tersebut.


"Dihimbau kepada para petani dalam menanggulangi hama tikus agar melaksanakan giat gropyok tikus secara bersama-sama, selain itu dengan cara pengasapan bubuk belerang dengan menggunakan tabung elpiji, pengasapan dengan menggunakan alat emposan di lubang-lubang yang diperkirakan sebagai sarang aktif tempat persembunyian tikus," tambah AKP Subandi.


Oleh karena itu, AKP Subandi berharap, melalui patroli dialogis ini dapat terjalinnya sinergitas antara Polri dengan para petani yang ada di wilayah Kecamatan Pangkur sehingga dapat meningkatkan produktivitas hasil panen padi yang lebih aman dan ramah lingkungan.


Kang Nur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages