Sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa Babadan Basmi Hama Tikus Bersama Masyarakat Dusun Nguluh - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa Babadan Basmi Hama Tikus Bersama Masyarakat Dusun Nguluh

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Bhabinkamtibmas Desa Babadan Aipda Edy S dan Bhabinsa Desa Babadan Sertu Suyatmin bersama PPL Kecamatan Pangkur serta kelompok tani (Poktan) Dusun Nguluh Desa Babadan, Kecamatan Pangkur bersama-sama bahu membahu membasmi hama tikus pengganggu tanaman padi di area persawahan Dusun Nguluh, Kamis (22/12/22).


Kegiatan gropyok tikus tersebut dilakukan dengan cara pengasapan bubuk belerang menggunakan tabung elpiji dan alat emposan di lubang lubang tanah persawahan yang diperkirakan sebagai sarang aktif tempat persembunyian tikus.


"Perburuan tikus yang dilakukan petugas dan masyarakat tersebut dilakukan secara rutin pada saat musim pemeliharaan padi,” jelas Aipda Edy S Bhabinkamtibmas Desa Babadan Polsek Pangkur, Kamis (22/12/22).



Terpisah, Kapolsek Pangkur AKP Subandi,S.H., M.H. menerangkan bahwa warga masyarakat Dusun Nguluh, Desa Babadan seringkali tanaman padinya diserang hama tikus hingga menyebabkan gagal panen.


"Oleh karena itu, kita harapkan para petani menggunakan cara gropyokan yang dirasa lebih efektif dan tidak membahayakan bagi kalangan petani maupun warga lain, dibanding dengan cara memasang jebakan tikus menggunakan aliran listrik," jelas AKP Subandi, Kamis (22/12/22).


Menurut AKP Subandi, resiko memasang jebakan tikus menggunakan aliran listrik sangat berbahaya, karena sudah banyak kasus korban meninggal dunia akibat dari pemasangan jebakan tikus menggunakan aliran listrik tersebut.



AKP Subandi juga mengungkapkan bahwa keikutsertaan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Babadan dalam kegiatan ini merupakan bentuk keaktifan dan kepedulian Polsek Pangkur dan Koramil Pangkur agar hubungan masyarakat terutama petani dengan Polri dan TNI semakin erat, selain itu juga untuk melestarikan budaya gropyokan yang merupakan kearifan lokal desa setempat.


Sementara itu dilokasi dan kesempatan yang sama, Kepala Dusun Nguluh Herwanto mengucapkan terima kasih kepada Polsek dan Koramil dan semua pihak yang telah bekerjasama dalam pemberantasan hama tikus.


“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian dan TNI yang juga turut andil dalam kegiatan ini, semoga hasil panen padi di Dusun Nguluh kedepan bisa meningkat,” harap Herwanto.


Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages