Polres Ngawi lakukan Pengecekan Lokasi diduga Adanya Situs Purbakala - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Polres Ngawi lakukan Pengecekan Lokasi diduga Adanya Situs Purbakala

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Tugas pokok Polri adalah menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Haramtibmas), tak terkecuali dengan yang dilakukan oleh Polres Ngawi Polda Jatim.


Begitu mendengar adanya informasi tentang dugaan adanya situs purbakala di daerah Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, maka sesuai dengan perintah dan arahan Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H., anggota melaksanan pengecekan, Rabu (7/12/2022) 


Gerak cepat dilakukan oleh Kabag Ops Polres Ngawi Kompol Slamet Suyanto bersama dengan Kasat Intelkam AKP Marwanto, Kasat Samapta AKP Nugroho, Kapolsek Jogorogo Iptu Nur Hidayat dan anggota Polsek  serta Plt Kasi Humas Ipda Dian dan anggotanya serta Bambang dari Perhutani  langsung melaksanakan cek lokasi sesuai informasi yang diterima.


Lokasi yang diduga adanya situs purbakala di area bukit Wukir Bayi gunung Lawu bagian Utara, tepatnya berada di Desa Kletekan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur.



Dengan perjalanan naik kendaraan roda empat dari Polsek Jogorogo Polres Ngawi Polda Jatim ke pos 1 Wukir Bayi sekitar satu jam, kemudian dilanjutkan perjalanan kaki sejauh kurang lebih 500 meter ke hamparan puncak gunung di mana diduga adanya situs tersebut.


"Menurut kami, di puncak gunung itu adanya hamparan atau dataran yang rata serta bebatuan yang ditata seperti bangunan rumah, tidak ditemukan tanda-tanda situs purbakala," jelas Kabag Ops Kompol Slamet ketika dikonfirmasi.


Menurut Kompol Slamet, Informasinya hutan wilayah Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Ngetrep yang berada di 1.259 Meter di atas permukaan laut (Mpdl) di petak 30 Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Lawu Utara di Desa Kletekan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi tersebut, dulunya peninggalan penduduk sekitar yang memproduksi gondorukem dengan bahan baku getah pohon Pinus. 


"Perlunya pendalaman lebih dari para ahli purbakala untuk menentukan apakah itu situs purbakala atau tidak," lanjut Kompol Slamet.



Lebih lanjut, Kompol Slamet mengatakan, laporan pengecekan lokasi yang diduga adanya peninggalan situs purbakala tersebut telah dilaporkan ke AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., MH., Kapolres Ngawi Polda Jatim.


"Alhamdulillah setelah melaksanakan perjalanan panjang, hasilnya sudah kami laporkan ke Pimpinan," tutup Kompol Slamet.


Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages