Pedagang Kaki Lima Ini Rasakan Manfaat Program JKN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Pedagang Kaki Lima Ini Rasakan Manfaat Program JKN

Share This


Madiun, Pojok Kiri – Mencari nafkah dengan berjualan di tepi jalan sudah menjadi rutinitas seorang ibu tiga orang anak, warga Kota Madiun. Ernawati (33) yang merupakan seorang pedagang kaki lima di area Pasar Sleko Kota Madiun terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).


Ernawati mengungkapkan bahwa menjadi peserta JKN memiliki banyak manfaat yang dirasakan bagi ia dan keluarganya. Ia tak lagi perlu cemas memikirkan masalah biaya setiap kali ada anggota keluarganya yang sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan. Hal lain yang disyukuri oleh Ernawati adalah karena dirinya juga tidak bingung membayar iuran JKN setiap bulannya, hal tersebut dikarenakan peserta JKN segmen PBI iurannya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat.


“Sudah tidak bayar iuran, tapi saya bisa mengakses layanan kesehatan kapanpun saya membutuhkan. Pengalaman saya saat melahirkan anak ketiga semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Mulai dari pemeriksaan hingga proses persalinan di rumah sakit, saya tidak mengeluarkan biaya. Itu yang sangat saya syukuri,” ucap Ernawati.


Tidak hanya menceritakan masalah biaya, Ernawati menambahkan bahwa pelayanan di fasilitas kesehatan sangatlah baik dan memuaskan. Tidak ada perbedaan pelayanan yang didapatkan antara pasien umum dan pasien yang merupakan peserta JKN, menurutnya semua pelayanan sama baiknya. 


“Bahkan dari petugas rumah sakit juga sangat ramah jika berkomunikasi dengan pasien, pokoknya baik lah semuanya. Program JKN itu sangat membantu kalangan masyarakat bawah dan sampai dengan saat ini saya sering memanfaatkan Program JKN belum pernah menemui kendala atau keluhan di fasilitas kesehatan,” tambah Ernawati.


Tak hentinya Ernawati bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dalam penyelenggaraan Program JKN yang selama ini telah memberinya jaminan kesehatan sangat maksimal. Ia hanya berharap semoga program jaminan kesehatan itu akan senantiasa hadir untuk seluruh kalangan masyarakat, sehingga nantinya akan mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.


“Jadi tidak ada lagi yang merasa takut untuk berobat ke fasilitas kesehatan dengan alasan keterbatasan biaya, semua akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, asalkan kita sesuai dengan alur dan prosedur layanan yang sudah ditetapkan,” tutupnya.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages