400 Penerjun Handal Yonif 501 Bajra Yudha Laksanakan Terjun Taktis Dalam Rangka Mengenang Operasi Seroja - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

400 Penerjun Handal Yonif 501 Bajra Yudha Laksanakan Terjun Taktis Dalam Rangka Mengenang Operasi Seroja

Share This


Tuban, Pojok Kiri - Bersama Tuhan Menyerbu Dari Langit, Tepat 47 tahun Pelaksanaan Operasi Seroja di Dili tahun 1975 sebagai salah satu operasi lintas udara terbesar dalam sejarah Indonesia, Sebanyak 400 penerjun andalan Yonif Para Raider 501 mengelar latihan Terjun Taktis (Juntis) stastik dengan titik muat Marshlling Area (MA) Lanud Iswahjudi  dan Drop Zone (DZ) di Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Rabu (07/12/2022).


Danyonif Para Raider 501 Bajra Yudha, Letkol Inf Arief Widyanto Memimpin Langsung kegiatan Terjun Taktis tersebut. Beliau mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya latihan ini yakni untuk membina, meningkatkan serta memelihara kemampuan para prajurit penerjun Yonif Para Raider 501.

" Terjun Taktis ini diharapkan dapat membina, meningkatkan serta memelihara kemampuan para prajurit penerjun Yonif Para Raider 501, agar tetap terjaga sebagai bentuk kesiapan dalam melaksanakan tugas kedepannya sebagai pasukan lintas udara " Terang Danyonif Para Raider 501 Bajra Yudha, Letkol Inf Arief Widyanto


Disamping itu, dengan adanya latihan terjun taktis (Juntis) statik ini tentunya dapat meningkatkan kesiapsiagaan satuan Para Raider guna mengantisipasi setiap ancaman yang akan mengganggu kedaulatan NKRI.


" Bilamana sewaktu-waktu negara membutuhkan pengerahan pasukan ini, maka satuan Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha siap untuk diterjunkan dalam berbagai situasi sesuai dengan semboyan Yonif Para Raider 501 “Bajra Yudha” yang berarti Perang Kilat (Perang Secara Cepat Singkat Mematikan) " Jelas Letkol Inf Arief Widyanto.

Penerjunan Kali ini di bagi IV Shortie dengan menggunakan Pesawat Hercules 32 A-1328  milik TNI Angkatan Udara yang di Piloti oleh Kapten Pnb Eky.


Tak hanya latihan Terjun Taktis (Juntis) statik dalam atraksi itu juga para prajurit Yonif Para Raider 501 melakukan simulasi Pertahanan Tumpuan Udara dalam rangka Menguasai daerah lawan yang sedang di duduki perkuatan musuh.


Kegiatan penerjunan ini disaksikan langsung oleh Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, Danbrigif PR 18 Trisula, Pejabat pemerintah serta jajaran Forkopimda Kabupaten Tuban dengan sambutan yang hangat dan meriah karena para penerjun berhasil menyelesaikan penerjunan serta kegiatan serangan dengan sukses dan aman. 


Tanpa adanya protes dari masyarakat daerah setempat karena DZ yang digunakan adalah sawah, Kegiatan terjun ini disambut dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat setempat yang baru pertama kali melihat latihan terjun dari satuan Kostrad. 


Terlihat masyarakat tumpah ruah menyaksikan latihan tersebut serta ucapan terimakasih dari masyarakat atas diselenggarakannya latihan Terjun Taktis (Juntis) statik, semoga kedepannya di Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban Jawa Timur bisa dijadikan sebagai sarana latihan TNI khususnya Yonif Para Raider 501/BY Kostrad. (yah)


#TNI #pendif1kostrad #pendif2kostrad #pendif3kostrad#kostradpeduli #yonifpararaider501kostrad #brigifpararaider18 #penkostrad


@puspentni @tniangkatandarat @divif1Kostrad @divif2Kostrad @divif3kostard @lintasprajurit @indomiliter @indotni @tnipicture tnimanunggalrakyat @seputartnipolri @tentara_militer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages