Bhabinkamtibmas Polsek Kwadungan Himbau Warga Tidak Menggunakan Jebakan Tikus Beraliran Listrik - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Bhabinkamtibmas Polsek Kwadungan Himbau Warga Tidak Menggunakan Jebakan Tikus Beraliran Listrik

Share This
Ngawi, Pojok Kiri - Dalam upaya mengantisipasi terjadinya kerawanan dan bertambahnya korban jiwa, Polsek Kwadungan Polres Ngawi melakukan bimbingan dan penyuluhan (Binluh) kepada petani terkait larangan penggunaan strum listrik untuk jebakan hama tikus pengganggu tanaman padi.


Hal tersebut, seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Purwosari Polsek Kwadungan Bripka Sutrisno pada Sabtu, 5 November 2022 pukul 08.00 WIB dengan memberikan pemahaman kepada para petani di areal persawahan Dusun Gambuhan, Desa Purwosari, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi terkait larangan penggunaan jebakan tikus beraliran listrik.


Dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, Kapolsek Kwadungan AKP Sunarijati, S.H. mengatakan, dalam sosialisasi tersebut, Bripka Sutrisno selaku Bhayangkara Pendamping Penjagaan Pertanian Ramah Lingkungan (Bhatarling) Polsek Kwadungan menyampaikan himbauan tentang bahaya penggunaan jebakan tikus beraliran listrik.


"Himbauan ini sesuai dengan arahan dan petunjuk Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. agar para petani tidak memasang jebakan tikus dengan dialiri strum listrik karena bisa dipidana akibat kelalainya menimbulkan korban jiwa manusia," terang Sunarijati kepada Pojok Kiri, Sabtu (5/11/22).



Untuk itu, menurut Sunarijati, pihaknya menghimbau agar dalam upaya membasmi hama tikus pengganggu tanaman padi sebaiknya menggunakan cara yang lebih aman seperti bergotong royong sesama petani dengan sistem gropyokan, obosan menggunakan belerang atau membuat sarang burung hantu di areal persawahan dan lain lain.


Selain itu, menurut Sunarijati, pihaknya juga menyarankan kepada para petani untuk menggunakan pupuk organik agar tidak lagi tergantung dengan penggunaan pupuk kimia, hal ini untuk mendorong petani dalam meningkatkan swasembada pangan, kemandirian pangan, ketahanan pangan dan keamanan pangan.


Sunarijati menambahkan, dalam kegiatan Bhatarling tersebut, Bripka Sutrisno tidak lupa menghimbau kepada warga masyarakat agar selalu waspada terhadap becana alam yang datang tak terduga terutama di musim penghujan seperti sekarang ini.


"Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Binluh oleh petugas Bhatarling Polsek Kwadungan ini, dapat terjalin kemitraan antara Polri dengan masyarakat sehingga tercipta situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif di wilayah Kecamatan Kwadungan serta dapat terjalin kemitraan antara Polri dengan masyarakat Desa Purwosari," harapnya.


Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages