Polsek Kendal Dampingi PPL Kecamatan Sosialisasi Pengendalian Hama Tikus - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Polsek Kendal Dampingi PPL Kecamatan Sosialisasi Pengendalian Hama Tikus

Share This
Ngawi, Pojok Kiri - Dalam upaya membantu masyarakat dibidang pertanian, Polsek Kendak Polres Ngawi melalui Bhayangkara pendamping penjagaan pertanian ramah lingkungan (Bhatarling) melakukan berbagai upaya salah satunya dengan kegiatan pendampingan.

Seperti yang dilakukan oleh Ps. Kanit Binmas Polsek Kendal dan Babinkamtibmas Desa Dadapan bersama penyuluh pertanian lapangan (PPL) Kecamatan Kendal pada Kamis, 29 September 2022 pukul 08.00 WIB  dengan melaksanakan sosialisasi tentang pengendalian hama tikus di area persawahan Dusun Ngrancang, Desa Dadapan, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi.

Dalam kegiatan Bhatarling di Dusun Ngrancang tersebut, petugas PPL Kecamatan Kendal menyampaikan penyuluhan tentang pengendalian hama tikus dan waspada lahan pertanian yang terdampak tikus pengganggu tanaman padi kepada kelompok tani (Poktan) Ngudi Luhur Dusun Ngrancang.


Ketika dikonfirmasi terkait kegiatan Bhatarling tersebut, Kapolsek Kendal Polres Ngawi Iptu Jaenuri mengatakan, Dari keterangan Gapoktan di wilayah Kendal, diketahui bahwa dampak wabah hama tikus sangat meresahkan petani pasca tanam padi, oleh karena itu sebagai antisipasi PPL Kecamatan Kendal melakukan sosialisasi pengendalian hama tikus agar petani paham tentang cara pembasmiannya.

Menurut Jaenuri, dalam kegiatan Bhatarling tersebut Bhabinkamtimas  menghimbau kepada Para petani agar tidak menggunakan jebakan tikus dari aliran listrik PLN yang sangat berbahaya. kemudian atas kesepakatan bersama dilaksanakan gropyok tikus padat karya Desa Dadapan.

"Hal ini sesuai dengan arahan dan petunjuk Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. untuk mendorong para petani agar tidak lagi menggunakan jebakan tikus dari aliran listrik PLN dan beralih kecara yang lebih baik dan aman," terang Jaenuri, Kamis (29/9/22).


Lebih lanjut, Jaenuri menambahkan, kegiatan Bhatarling tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya membantu petani ikut mensukseskan swasembada pangan, kemandirian pangan, ketahanan pangan dan keamanan pangan kemudian atas kesepakatan bersama dilaksanakan gropyok tikus padat karya Desa Dadapan.

"Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai salah satu upaya Polsek Kendal dalam peningkatan kinerja pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dalam menjalin kemitraan Polri dengan  masyarakat Desa Dadapan untuk menciptakan situasi kondusif di wilayah Kecamatan Kendal," pungkas Jaenuri.

Penulis  : Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages