Halimah: Program JKN, Program Dengan Berjuta Manfaat - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Halimah: Program JKN, Program Dengan Berjuta Manfaat

Share This


 

Madiun, Pojok Kiri – Halimah Tri Salasati (25) merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Warga Kabupaten Madiun tersebut mengungkapkan bahwa kepesertaan Program JKN yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) itu merupakan salah satu hal yang wajib diikuti guna memberikan jaminan dalam hal kesehatan.


“Saya sendiri pernah mempunyai pengalaman berobat ke fasilitas kesehatan dengan memanfaatkan Program JKN. Dari situ saya bisa merasakan langsung bagaimana pelayanan yang diberikan, cukup baik” kata wanita yang akrab disapa Halimah.


Halimah menjelaskan bahwa pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mulai dari petugas administrasi pendaftaran, dokter, hingga layanan pengambilan obat memberikan pelayanan yang maksimal. Tidak ada perbedaan pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN dengan pasien umum, sehingga semua mendapatkan pelayanan yang baik.


Berbekal pengalamannya tersebu, Halimah juga mengungkapkan bahwa manfaat dari Program JKN tersebut sangat membantu masyarakat, khususnya mereka yang memiliki keterbatasan biaya untuk berobat. Dengan iuran yang dibayar setiap bulan, peserta JKN bisa merasakan tenang karena sewaktu-waktu jatuh sakit, biaya yang diperlukan untuk pelayanan kesehatan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.


“Kita sebagai peserta JKN tinggal mengikuti alur dan prosedur yang sudah ditentukan. Dengan begitu tidak akan ada kendala dalam penjaminan biaya pelayanan kesehatan. Tentunya kita harus memastikan untuk membayar iuran setiap bulannya, supaya kepesertaan kita selalu aktif dan bisa digunakan setiap saat,” tambah Halimah.


Di akhir perbincangan, Halimah berpesan bahwa mengikuti Program JKN diibaratkan seperti sedia payung sebelum hujan. Artinya begitu pentingnya memiliki jaminan kesehatan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu sakit. Kalaupun sudah mengikuti Program JKN dan tidak pernah memanfaatkan, iuran yang dibayarkan akan digunakan untuk membantu peserta JKN yang membutuhkan biaya pelayanan kesehatan.


“Itulah prinsip gotong royong yang ada di Program JKN. Jika kita sakit maka akan terbantu, dan jika kita sehat maka kita membantu saudara kita untuk berobat. Program JKN, program dengan berjuta manfaat, sayang kalau kita tidak menjadi peserta JKN,” tutup Halimah.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages