Tak Perlu Khawatir Berobat Lupa Tak Bawa Kartu JKN - KIS, Welly Cukup Menunjukkan NIK - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Tak Perlu Khawatir Berobat Lupa Tak Bawa Kartu JKN - KIS, Welly Cukup Menunjukkan NIK

Share This



Madiun, Pojok Kiri – Welly Eka Yudayana (27) merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah. Ia menceritakan bagaimana kemudahan layananan sewaktu menjalani pengobatan di fasilitas kesehatan hanya dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik saja.


“Kadang kan dengan kondisi yang buru-buru ingin periksa ke dokter membuat kita lupa membawa apa yang kita perlukan, salah satunya kartu JKN-KIS. Pernah pada saat itu kartu JKN-KIS saya tidak terbawa di dompet. Awalnya bingung, tapi kemudian oleh petugas pendaftaran ditanya apakah membawa KTP elektronik, dan bersyukurnya pada saat itu ada di dompet saya,” cerita pria satu anak itu.


Welly yang pada saat itu khawatir tidak bisa menggunakan Program JKN-KIS untuk berobat, akhirnya bisa bernafas lega karena dengan menunjukkan KTP elektroniknya ternyata dirinya bisa mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan dengan tetap dijamin oleh BPJS Kesehatan.


“Dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera dalam KTP elektronik maka akan terlihat kepesertaan JKN-KIS kita. Tentunya itu sangat membantu ketika kita lupa membawa kartu JKN-KIS,” tambah Welly.


Sepeti yang telah diketahui bahwa di bulan Januari 2022 lalu, BPJS Kesehatan bersama Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara resmi telah melakukan launching NIK menjadi nomor kepesertaan program JKN-KIS. Tingginya akses layanan publik dengan menggunakan NIK telah mendorong optimalisasi pemanfaatan NIK sebagai momor identitas tunggal, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS untuk mendapatkan layanan kesehatan.


“Ini salah satu kemudahan yang diberikan BPJS Kesehatan. Jadi untuk peserta JKN-KIS jangan lagi takut dan khawatir kalau kartu JKN-KIS nya tertinggal ataupun hilang. Asalkan kita bisa menunjukkan KTP elektronik, fasilitas kesehatan akan mengecek kepesertaan JKN-KIS kita dengan NIK,” kata Welly.


Di akhir perbincangan, Welly berharap kemudahan-kemudahan seperti itu akan terus diciptakan untuk memberikan kepuasan peserta JKN-KIS dalam memanfaatkan program jaminan kesehatan. Tak lupa ia juga menyampaikan harapannya agar fasilitas kesehatan dapat meningkatkan layanan kepada pasien yang datang berkunjung, sehingga baik BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan saling bekerja sama untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat khususnya peserta JKN-KIS.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages