Melalui Mobile JKN dan PANDAWA Akses Pelayanan Administrasi Makin Mudah - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Melalui Mobile JKN dan PANDAWA Akses Pelayanan Administrasi Makin Mudah

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan mutu layanan yang diberikan kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Berbagai inovasi telah dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan sehingga harapannya kepuasan peserta JKN-KIS semakin meningkat.


“Saat ini misalnya ada aplikasi Mobile JKN dan Pelayanan Administrasi Melalui Whats app (PANDAWA). Inovasi-inovasi tersebut dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan guna mempermudah layanan administrasi. Aplikasi Mobile JKN misalnya, di dalamnya terdapat banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Madiun, Henri Army Iriawan, Kamis (21/04).


Dirinya mengatakan, melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui Play store atau App store, semua layanan dan informasi bagi peserta JKN-KIS dapat diakses dalam satu genggaman. Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat menu peserta, ubah data peserta, ketersediaan tempat tidur, pendaftaran pelayanan, premi, konsultasi dokter, jadwal tindakan operasi, skrining kesehatan, obat yang ditanggung, catatan pembayaran, pendaftaran peserta, pembayaran, riwayat pelayanan, informasi dan pengaduan, info JKN, hingga lokasi dan skrining mandiri Covid-19.


Tak hanya itu, dalam hal pengurusan administrasi BPJS Kesehatan peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan Pelayanan Administrasi Melalui Whats app (PANDAWA). Tanpa melakukan tatap muka/kontak fisik antara petugas BPJS Kesehatan, peserta JKN-KIS dapat mendapatkan layanan administrasi seperti pendaftaran baru, pendaftaran anggota keluarga, perubahan jenis kepesertaan, pengaktifan kembali, dan perubahan data.


“PANDAWA Terintegrasi melayani peserta JKN-KIS tanpa batas, tidak lagi bergantung pada domisili peserta saat ini. Dan satu lagi, bahwa seluruh pelayanan administrasi tersebut tidak dipungut biaya. Sehingga masyarakat tetap harus waspada terhadap segala modus penipuan terlebih mengatasnamakan Pandawa ataupun BPJS Kesehatan,” tambah Henri.


Sementara itu, salah seorang peserta JKN-KIS yang pernah menggunakan layanan Mobile JKN dan Pandawa, Aditya merasa puas dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dalam hal memberikan layanan kepada pesertanya.


“Saat itu saya ingin melakukan perubahan data, datang ke kantor BPJS Kesehatan dan diberikan informasi terkait Pandawa. Selanjutnya proses perubahan data tersebut dilakukan melalui Pandawa. Tidak ada kendala, kalaupun harus menunggu prosesnya mungkin karena memang banyak masyarakat yang juga melakukan proses administrasi melalui Pandawa. Kalau untuk Mobile JKN saya biasanya gunakan untuk mengecek iuran setiap bulannya dan juga membaca informasi terbaru dari BPJS Kesehatan. Bermanfaat dan sangat praktis,” kata Aditya.(rn/tk/yah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages