MOBILE JKN JADI SALAH SATU SOLUSI DI TENGAH ISU PANDEMI - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

MOBILE JKN JADI SALAH SATU SOLUSI DI TENGAH ISU PANDEMI

Share This
Madiun, Pojok Kiri - Dengan kondisi di tengah mengkhawatirkannya penyebaran virus corona di Indonesia dan sejumlah daerah membuat akses terhadap pelayanan publik dilakukan penyesuaian, salah satunya di Kota Madiun. Namun BPJS Kesehatan mempunyai solusi terhadap masalah ini melalui aplikasi besutannya, Mobile JKN.

Dwi Nur Astutik (18) salah satunya, pelajar kelas XI SMK Negeri Poncol Kabupaten Magetan ini merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang memanfaatkan adanya aplikasi Mobile JKN. Dimana Dwi, begitu sapaan akrabnya sedang melaksanakan Praktik Kerja Industri di salah satu tempat yang telah ditetapkan oleh sekolahnya.

Enam bulan berada jauh dari pengawasan orang tua membuatnya harus sangat menjaga diri, terutama menyangkut masalah kesehatan.

“Orang tua pasti khawatir akan kesehatan saya terutama, tadinya kemana-kemana disuruh membawa kartu JKN-KIS supaya kalau misalkan tidak enak badan, bisa periksa dengan kartu JKN-KIS tersebut. Akan tetapi setelah tahu kalau bisa menggunakan KIS digital dari aplikasi Mobile JKN ini, saya tidak pernah membawa kartu JKN-KIS nya. Takut malah hilang juga,” cerita Dwi.

Dwi merupakan peserta JKN-KIS yang berasal dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Dirinya beserta teman satu sekolahnya yang juga sedang melaksanakan Praktik Kerja Industri merasakan praktisnya menggunakan aplikasi Mobile JKN tersebut.

“Praktis sekali karena bisa dibuka melalui smartphone yang bagi anak-anak muda seperti kami barang tersebut merupakan sesuatu yang tidak mungkin terlupakan. Kita bisa tunjukkan KIS digital, kita bisa tahu info-info seputar jaminan kesehatan, dan masih banyak fitur-fitur yang memudahkan peserta JKN-KIS,” tambahnya.

Kehadiran aplikasi Mobile JKN diharapkan dapat membantu pelayanan kepada peserta JKN-KIS di era digital ini menjadi lebih praktis. Ditambah dengan kondisi saat ini  membuat semua orang benar-benar menjaga kesehatan diri dan melaksanakan social distancing guna membatasi interaksi langsung di sekitarnya.

“Dengan adanya penyebaran virus corona saat ini kami pun juga merasa was-was, sehingga benar-benar harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan ataupun himbauan dari pemerintah. Jadi mungkin bagi bapak ibu yang ingin melakukan pengurusan program jaminan kesehatan, bisa melalui aplikasi Mobile JKN ini. Selain praktis, kita juga bisa mengurangi mobilitas ke kantor BPJS Kesehatan secara langsung,” pesan Dwi.(ar/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages