JUMAT LEGI JADI SAKRAL BERSIH DESA DI DESA SAMBIREJO - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

JUMAT LEGI JADI SAKRAL BERSIH DESA DI DESA SAMBIREJO

Share This
Madiun Pojok Kiri - Dalam menyemarakkan bulan Muharram 1441 H, Pemerintah Desa Sambirejo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun menyelenggarakan kegiatan bersih desa yang rutin diadakan tiap tahun, pada Jum'at Legi di bulan Muharram atau bulan suro, yang bertepatan pada Jum'at (13/09/2019).

Kegiatan bersih desa merupakan adat turun temurun, sebagai bentuk rasa syukur warga masyarakat Desa Sambirejo atas berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga warga masyarakat Desa Sambirejo terhindar dari segala bencana, dari sinilah masyarakat Desa Sambirejo selalu menjaga kelestarian budaya dan adat bersih desa.


Tampak ratusan warga masyarakat berbondong - bondong ke lokasi pepunden membawa tumpeng dan hasil bumi untuk di doakan selanjutnya dibagikan kepada seluruh warga.

Desa Sambirejo memiliki tiga situs leluhur yang dipercaya babat atau pendiri Desa Sambirejo, diantaranya Ki Ageng Sindu yang makamnya terletak di Dusun 1, Ki Ageng Tawang makamnya terletak di Dusun 2 serta Ki Gentho.

Dalam resepsi bersih desa sambirejo ini kesenian reyog ponorogo selalu menjadi hiburan yang wajib ada, sebab salah satu leluhur masyarakat desa sambirejo yaitu titisan warok ponorogo bernama Ki Gentho yang makamnya terletak di dusun 3 Desa Sambirejo.

Suratno, Kepala Desa Sambirejo mengatakan  bersih desa ini selalu rutin setiap tahun di bulan suro.

" Setiap tahun Desa Sambirejo selalu menyelenggarakan bersih desa guna melestarikan adat istiadat dan membersihkan hal - hal yang kurang baik menjadi lebih baik " jelas Suratno.

Sementara itu, Yanto Ketua BPD Desa Sambirejo mengatakan Jum'at legi adalah jumenengnya Desa Sambirejo.

" Kepercayaan masyarakat Desa Sambirejo itu Jum'at Legi adalah sakralnya, jumenengnya Desa Sambirejo yang berarti berdirinya Desa Sambirejo ditepatkan pada Jum'at Legi, dengan harapan Desa Sambirejo masyarakatnya sejahtera dan kerukunan selalu terjaga " terang Yanto.


Dengan bersih desa masyarakat terhibur kesenian reyog ponorogo yang diarak untuk keliling desa yang dibagi di Dusun 1 dan Dusun 2, serta diikuti oleh warga masyarakat Desa Sambirejo. (yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages