BPJS KESEHATAN TURUN KAMPUNG DI DESA SINGGAHAN, GALAKKAN PERILAKU HIDUP SEHAT - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

BPJS KESEHATAN TURUN KAMPUNG DI DESA SINGGAHAN, GALAKKAN PERILAKU HIDUP SEHAT

Share This
Madiun, Pojok Kiri – “BPJS Kesehatan Turun Kampung” yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-51 BPJS Kesehatan kali ini menyapa masyarakat Desa Singgahan, Kabupaten Ponorogo, Kamis (04/07).
Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tersebut dihadiri langsung oleh Deputi Direksi Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Regulasi BPJS Kesehatan, Jenni Wihartini dan didampingi oleh Deputi Direksi Wilayah Jawa Timur, Handaryo.
Tak hanya memberikan pemahaman akan pentingnya mengikuti program JKN-KIS, prosedur dan alur pelayanan peserta JKN-KIS, Jenni juga mengingatkan masyarakat Desa Singgahan yang hadir untuk senantiasa menerapkan perilaku hidup sehat.
“Kita harus selalu menerapkan perilaku hidup sehat, seperti menjaga pola makan, istirahat yang cukup, kalau misalkan sudah terasa ada gejala sakit, segera periksakan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama setempat,” kata Jenni.
Oleh karena itu, bagi masyarakat setempat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, Jenni mengajaknya untuk segera mendaftarkan diri dengan menekankan prinsip gotong royong serta memberikan pemahaman bahwa pentingnya menjadi peserta JKN-KIS, terlebih jika sewaktu-waktu mereka sakit dan membutuhkan biaya tinggi.
“Gotong royong dalam program JKN-KIS ini artinya yang sehat membantu yang sakit, yang sakit dibantu yang sehat. Jadi misalkan Bapak Ibu terdaftar sebagai peserta kelas 3, berarti setiap bulannya membayar iuran Rp 25.500, nah ketika nanti suatu ketika tiba-tiba sakit dan membutuhkan biaya tinggi, maka iuran dari peserta yang lainlah yang akan membantu,” imbuhnya.
Salah satu warga Desa Singgahan yang hadir dalam kegiatan tersebut, Sumarsono yang juga belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS tampak antusias menanyakan seputar pendaftaran sebagai peserta JKN-KIS dan berharap untuk diberikan fasilitas kemudahan jika masyarakat Desa Singgahan yang lain membutuhkan pelayanan dari BPJS Kesehatan.
“Lokasi desa kami jauh dari kantor BPJS Kesehatan, mungkin kami bisa diberikan kemudahan jika kami membutuhkan pelayanan seperti pendaftaran atau membutuhkan informasi seputar JKN-KIS,” ungkap Sumarsono.
Menanggapi hal tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Madiun, Tarmuji mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan senantiasa siap untuk lebih optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan melakukan koordinasi dengan kantor desa setempat.
“Untuk saat ini Mobile Customer Service sudah kami jadwalkan untuk berkeliling ke desa-desa terutama yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan. Untuk selanjutnya, kami akan berkoordinasi dengan kantor desa setempat untuk bisa melakukan pengurusan masyarakatnya secara kolektif sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mendatangi kantor BPJS Kesehatan,” jelas tarmuji.  
Di akhir kegiatan, demi mendukung perilaku hidup sehat di Desa Singgahan, BPJS Kesehatan Cabang Madiun menyerahkan bantuan berupa satu set perlengkapan olahraga voli dan bola voli agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk berolahraga demi menerapkan perilaku hidup sehat di daerahnya.(ar/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages