RSUD KERTOSONO WALAU BERTYPE C, MAMPU LAKUKAN TINDAKAN OPERASI PENGGANTIAN LUTUT - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

RSUD KERTOSONO WALAU BERTYPE C, MAMPU LAKUKAN TINDAKAN OPERASI PENGGANTIAN LUTUT

Share This
Nganjuk, Pojok Kiri.- Pelaksanaan operasi penggantian lutut adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang telah rusak dengan sendi buatan (Prostetik). Selama ini biasanya masyarakat Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya melakukan operasi tersebut ke Rumah Sakit Surabaya, Malang dan Solo, kini bisa dilakukan oleh RSUD Kertosono. Meski RS ini termasuk type C namun proses dalam hal pelayanan kesehatan bisa dikatakan telah melakukan lompatan yang sangat luar biasa bahkan bisa dibilang melebihi RS diatasnya.

Salah satunya pada pelayanan Poli Ortopedi yang telah mampu melakukan operasi penggantian lutut yang tidak semua RS bisa melakukannya. Seperti yang dikatakan oleh salah satu pasien Wijianto 64 tahun dari desa/kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk pada koran ini, 28/01/2019. Dirinya mengaku saat ini telah melakukan operasi penggantian sendi yang ke-dua. Dimana yang pertama sendi pada lutut kaki kanan telah dilakukan 5 bulan lalu dan pada sendi lutut kaki kiri baru berjalan 3 Minggu yang lalu.

"Awalnya pada dua tahun lalu saya merasa nyeri pada persendian lutut kaki, setelah itu saya coba melakukan pemeriksaan pada RSUD Kertosono dan hasilnya saya positif terkena penyakit radang sendi setelah itu oleh dokter dianjurkan untuk dilakukan operasi penggantian sendi dan Alhamdulillah semuanya bisa berjalan lancar," ungkapnya.

Menanggapi hal yang demikian dr Satiyo, Sp.OT, dokter kepala Poli Orthopedi RSUD Kertosono Kabupaten Nganjuk menjelaskan, selama ini masyarakat Nganjuk dan sekitarnya banyak yang tidak tahu kalau RS Kertosono sudah mampu melakukan penggantian lutut yang dikarenakan oleh radang sendi. Karena biasanya masyarakat pada saat mengalami hal tersebut biasanya melakukan operasi di RS dr Soetomo Surabaya atau ke RS Dr Soeharso Solo. Sedangkan RSUD Kertosono dengan Sumberdaya beserta sarana yang dimilikinya telah mampu melakukan operasi tersebut bahkan pada tahun 2018 silam telah mampu melakukan operasi sebanyak kurang lebih 900 pasien.

"Ciri orang yang mengalami arthritis atau peradangan sendi adalah rasa nyeri pada lutut saat beraktifitas dan pasien yang mengalami hal tersebut yang pertama akan menjalani pengobatan nonbedah yaitu berupa pemberian obat ataupun pemberian alat penyangga. Dan jika metode pengobatan nonbedah sudah tidak efektif untuk meredakan nyeri, pasien baru bisa menjalani operasi penggantian lutut. Jadi sendi lutut pasien yang sudah rusak diganti dengan sendi prostetik yang terbuat dari bahan logam. Kami mengganti ujung dari tulang paha, tulang kering, tulang betis, dan tulang tempurung lutut dengan prostetik tersebut," urainya.

Masih menurut dr Satiyo, Sp.OT, pasien yang menjalani prosedur ini,  biasanya adalah pasien berusia lanjut atau pasien yang menderita radang sendi berat, karena itu pihaknya dalam menangani pasien tersebut memprioritaskan pasien yang masuk pada stadium tiga dan empat demikian juga dengan pasien BPJS maupun KIS tetap mendapatkan pelayanan yang sama yaitu sesuai standart medis.

"Meski belum bisa disejajarkan dengan RS dr Soetomo Surabaya dan RS Dr Soeharso Solo, RSUD Kertosono walau hanya RS type C, tapi sudah mampu melakukan tindakan operasi dengan standart RS besar, bahkan masyarakat Nganjuk dan sekitarnya juga bisa menggunakan jasa RSUD Kertosono untuk melakukan tindakan operasi penggantian lutut tanpa harus pergi ke RS yang jauh," urainya lagi.

Sedangkan penyebab umum pasien yang menjalani operasi penggantian lutut adalah dikarenakan radang sendi yang secara umum pula dapat terbagi dalam tiga kategori. Yang pertama Rheumatoid arthritis yaitu radang kronis akibat penyakit autoimun yang menyebabkan lutut sulit berfungsi, yang kedua Osteoarthritis yaitu peradangan yang diakibatkan karena penambahan usia (degenerasi), dan yang ketiga Arthritis pascasarjana trauma yaitu radang sendi yang terjadi akibat cedera serius pada sendi lutut. (Ind).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages