Kesiapan Polres Ngawi Untuk Hadapi Resiko Bencana Alam Banjir - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Kesiapan Polres Ngawi Untuk Hadapi Resiko Bencana Alam Banjir

Share This
Ngawi, Pojok Kiri.- Sekitar pukul 07.30 Kepala Kepolisian Resor Ngawi AKBP BM. Pranatal Hutajulu S.H., S.I.K., M.H. mendapat laporan dari warga masyarakat telah terjadi Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Ngawi, menanggapi laporan tersebut Kapolres Ngawi langsung memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan Alarm steling PLB (Panggilan Luar Biasa) di halaman Polres Ngawi. Selanjutnya Ratusan anggota Kepolisian Polres Ngawi mulai dari Pejabat Utama Polres Ngawi, Para Kabag, Para Kasat, Para Kasi, Para Perwira dan Para Bintara jajaran Polres Ngawi dengan sigap memenuhi Alarm steling PLB untuk mengikuti Apel yang di pimpin langsung oleh Kapolres Ngawi AKBP BM. Pranatal Hutajulu S.H., S.I.K., M.H. dan dilanjutkan dengan pengecekan perlengkapan oleh Kapolres Ngawi. Tak lama kemudian Kapolres Ngawi memimpin langsung ratusan personelnya menuju lokasi Bancana yang dimaksud, Kamis (04/10).

Kejadian tersebut merupakan salah satu bagian dari Kegiatan Mitigasi Bencana (serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana) Polres Ngawi berupa Simulasi kesiapsiagaan personel Polres Ngawi menghadapi bencana alam banjir di Desa Sumengko, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi yang juga melibatkan TNI, BPBD, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan para relawan di wilayah setempat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini di pusatkan di Waduk Pondok di Desa Dero, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi ini meliputi Alarm steling PLB di halaman Polres Ngawi, Apel dan dilanjutkan pengecekan perlengkapan oleh Kapolres Ngawi, Pemberangkatan ke Waduk Pondok, Evakuasi pohon tumbang di jalan menuju lokasi, Evakuasi korban yang tenggelam, Penyelamatan warga yang terjebak di atap rumah, Menangani kasus penjarahan di rumah warga yang mengalami kebanjiran Dan ditutup dengan Apel Konsolidasi.

“Ya, jadi saat ini Negara kita sedang mengalami banyak bencana alam sehingga kami Aparatur Polres Ngawi dibantu oleh pemangku kepentingan melaksanakan Mitigasi Bencana dimana dijabarkan melalui Simulasi pelatihan penanganan bencana alam banjir yang kita skenariokan mulai adanya pohon tumbang, orang tenggelam, penduduk terjebak di banjir sampai adanya penjarahan toko-toko akibat Caosnya (kekacauan) situasi,” tandas AKBP BM. Pranatal Hutajulu S.H., S.I.K., M.H., Kamis (04/10).

“Kita melalui sosialisasi Media Massa tentunya juga Media Sosial melalui akun-akun resmi kita dibantu juga dengan akun-akun Pemerintah dan Aparatur yang lain mensosialisasikan tips-tips bagi warga dalam mengantisipasi bencana alam,” pungkas AKBP BM. Pranatal Hutajulu S.H., S.I.K., M.H. (day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages