Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Menyelenggarakan Jambore Inklusi 2018 - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Menyelenggarakan Jambore Inklusi 2018

Share This
Ngawi, Pojok Kiri.- Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.
Bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik inklusi/berkebutuhan khusus dalam mengembangkan bakat dan minatnya, menggali prestasi anak berkebutuhan khusus dan memberikan kesempatan kepada lembaga penyelenggara inklusi untuk unjuk prestasi dan bersaing secara sehat Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi melaksanakan “Jambore Inklusi Dinas Pendidikan 2018” pada hari Kamis tanggal 27 September 2018.

Sebanyak 680 orang yang terdiri dari 229 Siswa-siswi peserta didik, 220 orang Guru/Kepala Sekolah dan 156 Guru Pendamping  dari SD dan SMP se-Kabupaten Ngawi serta 75 orang undangan hadir dalam Jambore Inklusi Dinas Pendidikan 2018 yang dilaksanakan di SMPN 3 Ngawi Jalan Raya Solo KM. 04 Desa Watualang, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB hingga selesai. Jambore Inklusi Dinas Pendidikan 2018 di buka oleh Drs. Abimanyu, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Kamis (27/09).

Kegiatan Jambore Inklusi Dinas Pendidikan 2018 dilaksanakan atas dasar Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 70 tahun 2009 tentang pendidikan inklusi bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa, Peraturan Gubernur Jawa Timur nomor 30 tahun 2018 tentang penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Jawa Timur dan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) Dinas Pendidikan  Tahun 2018 Nomor 1.01.1.01.01,19.04.5.2 dengan sumber dana berasal dari APBD II Kabupaten Ngawi.

Kasi Pendidikan Inklusi Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Dra. Titik Suharti, M.Pd., selaku Ketua Koordinator pelaksana Jambore Inklusi Dinas Pendidikan 2018 menuturkan Ada 5 (lima) jenis lomba yang di gelar dalam Jambore Inklusi Dinas Pendidikan 2018 yaitu, lomba melukis putra atau putri untuk jenjang SD dan SMP, lomba tari tunggal kreasi baru putra atau putri untuk jenjang SD dan SMP, lomba baca puisi putra atau putri untuk jenjang SD dan SMP, lomba lari 60 meter untuk pria jenjang SD dan SMP dan lomba fashion show putra atau putri jenjang SD dan SMP.

“Dalam kegiatan Jambore Inklusi Dinas Pendidikan 2018 ini ada 5 jenis lomba untuk jenjang SD dan jenjang SMP, untuk jenjang SMP total keseluruhan ada 19 lembaga tapi karena masing-masing lembaga ada yang punya ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dan ada yang ABKnya mencukupi untuk mengikuti lomba, ada yang tidak mencukupi sehingga barangkali SMP tidak bisa mengikuti semua lomba tapi hanya beberapa lomba yang diikuti, termasuk juga yang di SD,” jelas Dra. Titik Suharti, M.Pd., Kamis (27/09).

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Drs. Abimanyu, M.Si., menuturkan, sasaran kegiatan Jambore Inklusi Dinas Pendidikan 2018 adalah guru pembimbing khusus dan peserta didik sekolah inklusi khususnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), pihaknya juga berharap Jambore Inklusi dapat terlaksana dengan lancar dan dapat meningkatkan prestasi anak berkebutuhan khusus serta dapat meningkatkan semangat belajar dan berprestasi bagi para peserta didik Sekolah Inklusi.

”Saya berharap, semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan sampai dengan akhir acara. Yang terpenting seluruh peserta mampu bersaing secara sehat untuk meraih prestasi, dan semoga dengan kegiatan ini akan semakin mempererat tali persaudaraan serta memancing kreatifitas para guru dan siswa pada kesempatan mendatang,” ujar Drs. Abimanyu, M.Si., di sela kegiatan Jambore Inklusi Dinas Pendidikan 2018. (ADV Dindik Kab. Ngawi/day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages