Karnaval Budaya Kabupaten Ngawi 2018, Tema Melestarikan kearifan dan budaya lokal - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Karnaval Budaya Kabupaten Ngawi 2018, Tema Melestarikan kearifan dan budaya lokal

Share This
foto : kiri ke kanan Drs. Abimanyu, M.Si., Ir. Budi Sulistyono dan Drs. Istamar M.Pd melepas peserta Karnaval Kebudayaan 2018

Ngawi, Pojok Berita.- Dalam rangka memeringati HUT RI ke-73, Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui  Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Ngawi menggelar Karnaval Budaya 2018 dengan mengangkat tema Melestarikan Budaya dan Tradisi Negeri Ngawi Ramah, Sabtu (18/8/18).
Karnaval Budaya merupakan agenda tahunan Kabupaten Ngawi pada tahun ini diikuti oleh 22 kontingen setingkat SD, SMP, SMA dan Umum di Kabupaten Ngawi yang menyuguhkan berbagai kearifan budaya lokal seperti Benteng Van Den Bosch, Alas Srigati, Tawun dan sebagainya melalui aneka ragam busana, tari, puisi dan musik yang ditampilkan secara kreatif dan inovatif.
Dalam acara yang di gelar sejak pukul 13.00 tersebut Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Drs. Abimanyu, M.Si., dan Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (PAUDNI) Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Drs. Istamar M.Pd, melepas peserta Karnaval Budaya 2018 di depan halalam kantor Pemkab Ngawi.
Ditemui usai Karnaval, Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono manjelaskan tema Karnaval Budaya tahun ini adalah Melestarikan Budaya dan Tradisi Negeri Ngawi Ramah, dangan Karnaval Budaya ini pihaknya baharap agar masyarakat Ngawi senantiasa mencintai daerahnya sendiri, Kabupaten Ngawi.
“Agenda hari ini adalah Karnaval, temanya melestarikan budaya dan tradisi, jadi itu semuanya untuk menyongsong bagaimana Negeri Ngawi Ramah ini terus digelorakan sehingga masyarakat terus ingin mencintai daerahnya sendiri, Kabupaten Ngawi dan yang kita nilai sekarang ini adalah kreatifitas dan inovasinya dari seluruh peserta,” tutur Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono, Sabtu (18/8/18).
Ir. Budi Sulistyono akan mewajibkan seluruh sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Ngawi, kedepan untuk dapat mengikuti Karnaval Budaya ini agar muncul kreatifitas-kreatifitas baru, pihaknya juga tidak akan menententukan temanya, peserta yang akan menentukan temanya sehingga akan menuju suatu kreatifitas murni.
“Saya berharap, kedepan inovasi dan kreatifitas mereka terlatih, jadi, apapun jadinya mereka kalau penuh kreasi dan inovasi maka mereka akan menjadi orang yang sukses,”  tambah Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, rute Karnaval Budaya tahun ini dibuat terbalik dimulai dari halalam kantor Pemkab Ngawi Jl. Teuku Umar menuju Jl. Jend. Suprapto, Jl. Thamrin, Jl. Yos sudarso, Jl. PB. Sudirman, Jl. Trunojoyo, Jl. Dr. Wahidin dan Finish di Jl. Dr. Soetomo.
Panitia penyelenggara Karnaval Budaya 2018, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (PAUDNI) Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Drs. Istamar M.Pd dilokasi yang sama menjelaskan tahun ini (2018) memang ada perubahan, dengan jarak kurang lebih 4 Km, dengan rute jalan perkotaan.

“Seperti biasa, para peserta dari berbagai lembaga pendidikan setingkat SD, SMP, SMA dan umum kita libatkan dalam Karnaval kali ini, jumlah peserta sebanyak 22 kontingen dengan total personel mencapai 2.674 orang. Rute yang diambil  kali ini mulai dari jalan Teuku Umar, kemudian menuju Jalan Thamrin menuju Yos Sudarso, masuk ke PB, Sudirman dari PB. Sudirman peserta karnaval diarahkan menuju Jl. Trunojoyo hingga masuk jalan DR. Wahidin dan finish di Jalan Ronggo Warsito,” Ujar Drs. Istamar M.Pd., Sabtu (18/8/18).

Drs. Istamar M.Pd, menerangkan, Karnaval kali ini mengangkat kearifan dan budaya lokal, sehingga masyarakat Ngawi lebih mencintaai produk maupun kekayaan kebudayaan sendiri, acara Karnaval Budaya 2018 ini akan dilanjutkan dengan pawai kendaraan hias esok, hari Minggu 19 Agustus 2018 dimana baik kendaraan roda dua maupun roda empat serta sepeda hias akan ikut andil dalam Pawai tersebut. (day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages