Manfaat JKN Membantu Di Tengah Kesulitan Warga Madiun - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Manfaat JKN Membantu Di Tengah Kesulitan Warga Madiun

Share This


Madiun, Pojok Kiri - Gadis asal Sawahan Kabupaten Madiun, Laras Ardian (22) mengaku bahwa dirinya sudah lama menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan merasakan banyak manfaat yang diterima. Hal ini terbukti saat Laras menggunakan program jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan itu untuk berobat saat sakit di salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).


“Saat itu saya dalam kondisi demam tinggi, berobat ke dokter dan seluruh pelayanan sangat baik. Yang tak kalah penting adalah saya cukup menunjukkan KIS Digital melalui Aplikasi Mobile JKN yang sudah saya unduh,” cerita Laras yang terdaftar sebagai peserta segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).


Laras mengatakan karena itulah dia bersyukur sebab dirinya dan keluarga sudah terdaftar menjadi peserta JKN. Setelah menjadi peserta JKN, dan menggunakannya dia dapat merasakan pelayanan di klinik yang sangat baik, mulai dari administrasi yang mudah dan petugas kesehatan yang baik.


“Saat datang ke klinik, mulai pelayanan di bagian administrasi sampai mendapatkan perawatan oleh dokter, pelayanannya cepat dan baik. Semua petugas dengan sigap dan telaten melayani , dari dokter juga sangat sabar, yang terpenting kita mengikuti prosedur dan persyaratan yang telah ditentukan, seperti membawa kartu identitas KTP dan kartu BPJS Kesehatan atau Mobile Jkn” terang Laras.


“Tidak hanya saya,kakek saya juga sudah terdaftar peserta JKN juga merasakan hal yang sama, beliau pernah menjalankan operasi mata di salah satu RS di Madiun, dan ternyata untuk keseluruhan biaya perawatan juga sepenuhnya ditanggung BPJS Kesehatan,jadi adanya JKN sangatlah membantu bagi keluarga kami” tambahnya. 


Laras meneruskan penjelasannya ,tidak hanya sampai disitu saja manfaat JKN baginya. JKN tidak hanya dapat digunakan berobat di fasilitas kesehatan tempat domisilinya saja, namun JKN juga dapat digunakan saat dirinya berada di luar kota,dimana saat ini dia terdaftar sebagai mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi di Yogyakarta.


“JKN sangat membantu saat saya jauh dari orang tua ketika melanjutkan studi di Yogyakarta, walaupun fasilitas kesehatan saya terdaftar di Madiun, namun saya tetap dapat berobat menggunakan JKN sebagai pasien tamu di fasilitas kesehatan tingkat pertama di sana dan pelayanannya pun juga sangat baik tidak membedakan antara pasien umum atau pasien JKN” ungkapnya.


Laras berharap untuk masyarakat yang belum terdaftar JKN, dapat segera mendaftar karena proses pendaftaran pun juga sangat mudah, bisa melalui kantor BPJS Kesehatan terdekat atau melalui pelayanan online. Sehingga semua masyarakat luas dapat merasakan manfaat dari program JKN.


“ Saya berterimakasih adanya program JKN yang hadir membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, dan saya berharap untuk warga lainnya segera mendaftar program JKN,kita tidak tahu kapan kita sakit, namun alangkah baiknya kita sudah terjamin untuk kesehatan kita dan keluarga” jelasnya.


Tidak lupa, untuk fasilitas kesehatan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun rumah sakit yang sudah bekerja sama, Laras berharap pihak-pihak terkait terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada pasien, walaupun saat ini pelayanan sudah baik.


“Untuk semua fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS, saya berharap dapat mempertahankan pelayanan yang sudah bagus saat ini dan meningkatkannya, agar masyarakat tidak ragu untuk berobat menggunakan JKN” tutupnya. (rn/tka/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages