Polsek Padas Dampingi Vaksinasi PMK 150 Sapi di Desa Banjaransari - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Polsek Padas Dampingi Vaksinasi PMK 150 Sapi di Desa Banjaransari

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Berbagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran penyakit kuku dan mulut pada hewan ternak berkuku genap atau belah terutama ternak sapi terus dilakukan oleh jajaran Polres Ngawi.


Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Polsek Padas Polres Ngawi bersama Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi dengan menggelar vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap 150 ekor sapi secara door to door di Desa Banjaransari, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, Selasa (11/10/22).


Ketika dikonfirmasi, Kapolsek Padas Iptu Iswahjoedi mengatakan, pada kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Banjaransari Bripka Moch Khoirul S A dan Babinsa Desa Banjaransari Kopda Agis Susilo bersama Kasun Banjar 1 Sumarno dan Kasun Banjar 2  Suprapto melakukan pendampingan dan pengamanan vaksinasi PMK oleh tim kesehatan hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi.


"Hari ini pukul 09.00 WIB, Bripka Moch Khoirul S A dan Kopda Agis Susilo bersama perangkat Desa Banjarsari mendampingi petugas vaksinator dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi melakukan vaksinasi PMK Dosis I menggunakan vaksin jenis Aftomune," ujar Iswahjoedi, Selasa (11/10/22).



Lebih lanjut, Iswahjoedi mengatakan, sebelum dilakukan vaksin PMK, petugas vaksinator menyampaikan pemahaman vaksin kepada pemilik hewan serta sosialisasi langkah-langkah menghadapi wabah penyakit PMK yang menyerang hewan ternak berkuku genap atau belah.


"Hal ini kita lakukan dengan harapan para peternak sapi paham dan mengerti ciri-ciri hewan yang terjangkit penyakit PMK serta mampu mengatasi dengan pendampingan petugas kesehatan hewan terdekat," jelas Iswahjoedi.


Iswahjoedi menambahkan, petugas vaksinator menyampaikan kepada para peternak bahwa ternak sapi yang akan divaksin harus dalam keadaan sehat, sebagai salah satu syarat dalam mengikuti vaksinasi PMK tersebut.


"Diharapkan dengan kegiatan vaksinasi PMK ini terwujud senergitas kemitraan tiga pilar, antara TNI, Polri, petugas dari tenaga kesehatan hewan Dinas Perikanan dan Peternakan dengan para peternak Desa Banjaransari sehingga kegiatan bisa berjalan lancar tanpa ada paksaan," tutup Iswahjoedi.


Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages