JKN Temani Shyela Menjalani Praktik Kerja Di Ibu Kota - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

JKN Temani Shyela Menjalani Praktik Kerja Di Ibu Kota

Share This



Madiun, Pojok Kiri – Memasuki semester terakhir sebelum menempuh tugas akhir perkuliahan, Shyela Freda yang merupakan mahasiswi jurusan penyiaran di salah satu sekolah multi media harus menjalani praktik kerja sesuai dengan bidang yang diambilnya. Saat ini gadis yang akrab disapa Shyela tersebut harus pergi ke Jakarta untuk melaksanakan tugas tersebut.


“Sebelumnya tidak pernah jauh dari keluarga, tapi karena ini wajib dilakukan ya saya harus menempuhnya. Yang paling penting adalah bisa menjaga kesehatan di sana, karena tidak ada keluarga yang mendampingi. Kalau sampai sakit kan pasti susah,” ungkap Shyela yang saat ini menjalani praktik kerja di salah satu stasiun televisi nasional.


Shyela mengaku bahwa selama menjalani praktik kerja tersebut, kondisi yang jauh dari keluarga harus membuatnya benar-benar hidup mandiri. Termasuk harus bisa menjaga pola hidup sehat agar kondisi fisik selalu dalam kondisi sehat.


“Untung saya merupakan peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan, sehingga saya merasa jauh lebih tenang jika memang sewaktu-waktu kondisi saya kurang baik dan perlu untuk mendapatkan layanan kesehatan. Mengingat memang praktik kerja ini tiga bulan lamanya, jadi harus jaga-jaga,” tambahnya.


Sebelum melaksanakan praktik kerja tersebut Shyela yang merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa dikenal dengan istilah peserta mandiri, telah melakukan perubahan data fasilitas kesehatan yang ada di sekitar tempat tinggalnya selama di Jakarta.


“Saya gunakan aplikasi Mobile JKN untuk merubah fasilitas kesehatan sementara saya berada di Jakarta. Untuk jaga-jaga saja jika dalam kondisi tertentu saya memerlukannya. Caranya juga sangat mudah, bisa kita akses sendiri melalui aplikasi tersebut, tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan,” kata Shyela.


Mahasiswi 22 tahun itu merasa bersyukur sampai saat ini dirinya selalu diberikan kesehatan, meskipun kegiatan yang sehari-hari ia jalani di tempat parktik kerja sangatlah padat dan hingga larut malam. Meski begitu ia berterima kasih kepada BPJS Kesehatan, karena di mana saja Shyela berada Program JKN selalu ada untuk memberikan perlindungan bagi kesehatannya.


“Meskipun tidak merasakan pelayanan kesehatannya, tapi secara tidak langsung saya merasa tenang dan aman ketika pergi ke mana saja jika ada Program JKN. Kesehatan saya sudah ada yang menjamin, dan itu sangat melancarkan saya menjalani aktivitas sehari-hari,” tutup Shyela.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages