Forkopimda Ngawi Gelar Rapat Koordinasi Sinegritas Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Forkopimda Ngawi Gelar Rapat Koordinasi Sinegritas Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Bertempat di Aula Rupatama Parama Satwika Polres Ngawi, Forkopimda melaksanakan Rapat Koordinasi Sinegritas Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Kabupaten Ngawi, Kamis (14/10/2021).


Rapat koordinasi tersebut dihadiri Wabup Dwi Rianto Jatmiko, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya, Wakapolres KOMPOL Ricky Tri Dharma, Dandim 0805 Ngawi Letkol Inf. Totok Prio Kismanto, Sekda Kabupaten Ngawi M. Shodiq Triwidianto, Perwakilan Kasatpol PP Arif Setyono, Kadinkes dr. Yudono, Sekdin Dispora Irawan E.C, Direktur RSUD Soeroto Agus P, PJU Polres Ngawi, Kapolsek jajaran, Ndanramil jajaran Kodim 0805 dan KUPT Puskesmas se-Kabupaten Ngawi.


Dalam rakor tersebut disepakati beberapa hal antara lain :


a. Tenaga kesehatan yang dinonaktifkan di tiap puskesmas bisa dialihkan ke GOR, sehingga dalam pelaksanaan vaksinasi di GOR dapat mencapai target 3000 jumlah vaksin per pelaksanaannya.


b. Target 100 persen Ngawi sebanyak 690.934 orang dengan rincian :


- Target masuk level 1 70 persen dosis 1 sejumlah 483.654 capaian dosis sampai dengan tanggal 13 oktober 2021 sejumlah 326.473.


- Belum divaksin sejumlah 157.181, jika target per hari 7.000 dosis tercapai maka butuh waktu 23 hari kerja.

c. Upaya menangani hambatan pergerakan sasaran dan masyarakat pilih-pilih vaksin, sebagai berikut :


1) target vaksinasi di suatu wilayah harus ada by name by adress yg jelas harus dapat dari pihak desa.


2) Ada pengumuman H-1 dan hari H oleh pihak desa lewat TOA Masjid terdekat atau dari pihak babin TNI-POLRI.


3) Materi sirkel selain tentang vaksinasi juga menyampaikan kewajiban dan sanksi bila masyarakat tidak mau divaksin (perpres no 14 tahun 2021).


4) Komunikasi koordinasi, evaluasi dan tindak lanjut terhadap hasil kegiatan oleh tiga pilar.


5) memberi pengetahuan ttg jenis vaksin yang di dropping oleh pemerintah semua sudah ijin BPOM yang menyatakan aman di gunakan.


6) Tim vaksinasi mobile dan program UKS keliling ke sekolah yang mulai tatap muka melakukan pemantauan dan menjaring orang tua yang belum melaksanakan vaksinasi.


7) Buka pelayanan vaksinasi Covid-19 setiap hari di Puskesmas selama vaksin tersedia.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Ngawi menyampaikan, akan tetap melaksanakan koordinasi dengan pihak-pihak Kesehatan, TNI dan Polri untuk menjalin kerjasama dalam pelaksanaan giat vaksinasi sehingga tercapai jumlah target yang ditetapkan di wilayah Kabupaten Ngawi.


Sementara itu Kapolres Ngawi  berjanji akan membantu mensukseskan kegiatan vaksinasi dengan mengedepankan Babinkamtibmas, serta dalam pelaksanaan tetap berkoordinasi dengan Instansi terkait dan tenaga kesehatan sehingga pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan dengan aman dan kondusif serta dapat tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.


Sedangkan Dandim 0805 akan melaksanakan koordinasi dengan Dinas Kesehatan serta Instansi terkait untuk membantu dalam mensukseskan jalannya pelaksanaan vaksinasi sehingga dalam pelaksanaan semua masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan serta dapat mencapai target sesuai yang di inginkan di wilayah Kabupaten Ngawi. (Day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages