SELAMA TAHUN 2020, PT KAI DAOP 7 PASTIKAN ZERO ACCIDENT - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

SELAMA TAHUN 2020, PT KAI DAOP 7 PASTIKAN ZERO ACCIDENT

Share This

 



Madiun, Pojok Kiri - Selama kurun waktu mulai 01 januari hingga 31 desember 2020 pada pukul 24.00 dinihari PT KAI Daop 7 Madiun pastikan kinerja operasional keselamatan perjalanan KA zero acciddent.


Zero accident Kecelakaan Kereta Api yang dimaksud, seperti tabrakan antara kereta api dengan kereta api, secara berhadapan atau dari belakang, anjloknya roda kereta dari jalur hingga timbulnya korban jiwa atau tidak.


Ixfan Hendriwintoko manager humas PT KAI Daop 7 Madiun menuturkan PT KAI Daop 7 Madiun zero accident adalah tidak adanya kejadian Kecelakaan Kereta Api (KKA) selama tahun 2020. 


“Sampai dengan tanggal 31 desember 2020 saat pergantian tahun 2021 alhamdulillah perjalanan KA di Wilayah Daop 7 Madiun berjalan selamat, aman, lancar dan terkendali,” ungkap Ixfan.


Ixfan menambahkan, selain zero accident KAI Daop 7 Madiun juga mencatat penurunan kasus yang masuk dalam kategori Non Kecelakaan Kereta Api (NKKA). Contohnya seperti kereta tertemper orang, kendaraan, pengganjalan KA, atau pelemparan pada KA yg melintas. Insiden di jalur KA ini mengalami penurunan jika dibanding tahun 2019. 


Total kejadian yang terjadi di jalur KA dan melibatkan kereta api selama tahun 2019  sejumlah 62 kejadian, sedangkan tahun 2020 sejumlah 50 kejadian, turun  20 persen. 


Banyak faktor yang membuat kejadian kecelakaan diperlintasan bisa menurun yaitu, dilakukan, sosialisasi langsung maupun melalui media masa, focus group discussion (FGD) yang melibatkan stakeholder. Mulai pedulinya pemerintah daerah dalam hal keselamatan diperlintasan, seperti Pemkab Jombang, Pemkab Madiun, dan Pemkot Blitar yang telah melakukan pengadaan pembangunan pos palang pintu perlintasan beserta tenaganya.



Selain itu, menurunnya kejadian di jalur KA tidak lepas dari gencarnya KAI Daop 7 Madiun melakukan penutupan cikal bakal maupun perlintasan liar, dalam kurun tahun 2020 sudah 51 lokasi cikal bakal dan perlintasan liar yang ditutup oleh Daop 7 Madiun.


“Kami terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, karena kami sadar, bahwa keselamatan adalah kunci meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api,” tutup Ixfan. (Hum KAI Daop7/yah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages