BERKAT JKN - KIS, KURNIANTO TERBANTU SAAT OPERASI USUS BUNTU - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

BERKAT JKN - KIS, KURNIANTO TERBANTU SAAT OPERASI USUS BUNTU

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – Kurnianto Widodo adalah salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berasal dari segmen Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID) Kabupaten Madiun. Pria berusai 32 tahun tersebut berbagi cerita seputar program jaminan kesehatan yang diterimanya saat menjalani pengobatan tatkala dirinya terkena usus buntu dan harus menjalani tindakan operasi.


“Awalnya hanya merasakan nyeri perut di bagian kanan bawah. Tidak menyangka kalu akhirnya terkena usus buntu. Karena memang sebelumnya tidak pernah merasakan sakit apa-apa,” kata Kurnianto mengawali cerita.


Karena rasa sakit yang sudah tidak dapat ditahan, maka Kurnianto pergi ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat dirinya terdaftar. Karena mengarah kepada gejala usus buntu, maka akhirnya dirujuklah ia ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hingga pada akhirnya dokter memutuskan untuk melakukan tindakan operasi guna mengangkat penyakitnya tersebut.


“Saya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun, dan operasi juga dilakukan di rumah sakit tersebut. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan saya bisa kembali pulih seperti saat ini. Meskipun memang harus tetap melakukan kontrol secara rutin untuk memantau kesehatan saya,” cerita Kurnianto.


Setelah menjalani tindakan operasi, Kurnianto saat ini sedang menjalani pemulihan pasca operasi yang dijalaninya. Ia mengaku tidak ada kendala menggunakan kartu JKN-KIS selama berobat dari awal hingga saat ini. Dan segala kekhawatiran terkait biaya operasi yang sebelumnya menjadi beban pikirannya, sudah terjawab karena semua menjadi tanggungan BPJS Kesehatan.


“Saya bersyukur karena mendapatkan kartu JKN-KIS dari pemerintah sehingga kesehatan saya dijamin oleh BPJS Kesehatan. Tidak ada ketakutan mengenai biaya asalkan semua sesuai prosedur dan alur pelayanan. Pelayanan yang diberikan juga sangat baik. Tidak ada diskriminasi antara pasien yang satu dengan pasien yang lain,” tambahnya.


Selain menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan, Kurnianto juga menyampaikan harapan terkait program jaminan kesehatan ini. Tak lupa dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan dan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit datang.


“Meskipun sudah ada JKN-KIS, masyarakat juga sebaiknya harus tetap menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Sehingga kita selalu dalam kondisi sehat, dan biaya jaminan kesehatan dapat digunakan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan biaya tinggi,” tutup Kurnianto.


Artikel ini juga tayang di jamkesnews.com dengan judul Kurnianto Jalani Operasi Usus Buntu Dengan JKN-KIS.(ar/tk/yah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages