Cadangan Air PDAM Kota Madiun dipastikan Mampu Mencukupi segala kebutuhan Jenis Pelanggan - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Cadangan Air PDAM Kota Madiun dipastikan Mampu Mencukupi segala kebutuhan Jenis Pelanggan

Share This

Foto : ilustrasi

Madiun, Pojok Kiri.- PDAM kota Madiun saat ini memiliki 27 sumur cadangan dan tiap sumurnya berkapasitas 800 liter/detik, dipastikan menjelang kemarau kebutuhan air bersih untuk warga kota madiun cukup, bahkan debit cadangan air masih surplus.

Ketua Umum LSM walidasa Sutrisno mengatakan, wilayah kota madiun ini terdapat potensi debit air tanah yang luar biasa yang terdapat di dalam Cekungan air tanah, mengingat letak geografis wilayah kota madiun di ampit dua gunung besar yakni gunung Lawu dan gunung Wilis sebagai penyuplai sumber air di aliran CAT.

Dari hasil investigasinya cadangan air yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat pelanggan hanya sekitar 50 persen dari cadangan air yang siap di usahakan oleh Badan usaha milik daearah ini.

“dari keberadaan 27 sumur cadangan sebagai sumur produksi masih terpakai rata- rata 400 lt perdetik untuk pelanggan saat ini artinya dari sumur cadangan yang ada baru dimanfaatkan 50 persen” terang Sutrisno.

Lebih lanjut dia menyampaikan hasil invetigasinya PDAM Kota Madiun pada Kamis (18/06/2020), PDAM  memiliki lahan yang cukup luas bentangannya, jadi tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan lagi pengadaan penambahan sumur produksi jika diperlukan.

“ada satu lokasi yang cukup luas yang saat ini baru ada 8 sumur produksi sementara diprediksi masih mampu jika dilakukan penambahan sumur produksi hinga 12 titik artinya bahwa badan usaha milik daerah ini, mampu mencukupi semua jenis pelanggan baik itu niaga, non niaga maupun kawasan industri ” ungkap ketua umum LSM Walidasa

Di akhir wawancara mantan aktivis WALHI Jawa Timur yang saat ini sebagai ketua Umum LSM Walidasa memberikan apresiasi kepada PDAM Kota Madiun sebagai Badan Usaha milik daerah yang mampu memberikan jaminan pemenuhan air bersih kepada masyarakat dan dalam pengusahaannya juga professional baik administratif maupun teknis yang dipersyaratkan.( yah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages