DESA GEMARANG GO ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PADI TERBAIK SERTA MENJADI PELOPOR BUDAYA MENANAM RAMAH LINGKUNGAN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

DESA GEMARANG GO ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PADI TERBAIK SERTA MENJADI PELOPOR BUDAYA MENANAM RAMAH LINGKUNGAN

Share This
Ngawi, Pojok Kiri - Potensi wilayah pertanian yang luas,membuat desa Gemarang melakukan upaya inovasi dan kreatifitas untuk meningkatkan pendapatan di sektor pertanian khususnya padi. Dalam acara ngobrol bareng wakil bupati dan Ketua DPRD tentang potensi pertanian desa Tahun 2020,yang dihadiri oleh kepala Dinas Pertanian Marsudi,Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabul Tunggul Winarno,serta Forpimcam kedunggalar, Rabu (04/03/2020).

Kepala desa Gemarang sunarni memberikan pemaparan dalam acara ini mengatakan bahwa wilayah yang luas sekitar 1.064 Ha membuat sektor pertanian menjadi produk unggulan,budidaya menanam ramah lingkungan untuk  padi yang sedang dikembangkan hampir 3 tahun ini .

Cara budidaya padi sehat ini  menurut Sunarni, petani bisa membuat pupuk sendiri. Misalnya dengan  membuat pupuk kompos dari jerami dan limbah ternak. Begitupula dengan pestisida, petani bisa membuat pestisida hayati dan nabati sendiri, karena lebih ramah lingkungan.

Kepala Desa Gemarang Sunarni
" Metode ini akan meningkatkan fungsi tanah sebagai media tumbuh dan sumber nutrisi tanaman karena memanfaatkan mikroorganisme tanah secara natural. Pada gilirannya keseimbangan ekosistem dan kelestarian lingkungan akan selalu terjaga. Di sisi lain, produk yang dihasilkan dari metode ini lebih sehat bagi konsumen karena terbebas dari paparan zat kimia berbahaya " Katanya.

Kabupaten Ngawi yang notabene-nya merupakan salah satu lumbung padi dan berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan beras nasional, memang perlu dilakukan dan dikenalkan melalui pembangunan plot percontohan, Padi ramah lingkungan sebagai salah satu upaya perbaikan budidaya padi. 

Dwi Rianto Jatmiko/Antok selaku Ketua DPRD menambahkan Yang terpenting kesuburan tanah dikembalikan sehingga daur-daur ekologis dapat kembali berlangsung dengan baik dengan memanfaatkan pupuk organik sebagai penyedia nutrisi tanaman,metode ini diharapkan kelestarian lingkungan dapat tetap terjaga dengan baik serta produk padi yang dihasilkan lebih sehat untuk dikonsumsi masyarakat.

" Penggunaan pestisida berlebihan justru membuat hama tanaman malah menjadi kebal dan sulit mati bahkan kondisi lingkungan bisa rusak terutama musuh alami dari hama juga ikut mati mari bersama sama berbudidaya menanam  padi dengan baik dan ramah lingkungan " Ungkapnya.(BAMS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages